PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL POLA ROK LIPIT HADAP DI KELAS X TATA BUSANA 1 SMK NEGERI 8 SURABAYA
BOX PLEAT SKIRT TUTORIAL VIDEO DEVELOPMENT IN SMK NEGERI 8 SURABAYA FOR FASHION CLASS GRADE 1 STUDENTS
ABSTRAK— Penggunaan video tutorial memberikan sebuah pengalaman yang baru bagi siswa sekaligus mempercepat pemahaman materi ketika pembelajaran daring. Riset ini bertujuan guna memberikan gambaran terkait :1) tingkat validitas video tutorial pola rok lipit hadap dari beberapa aspek meliputi aspek materi dan media, 2) hasil belajar dari pengembangan video tutorial yang diterapkan pada siswa kelas X tata busana 1 SMK Negeri 8 Surabaya setelah diterapkan video tutorial pola rok lipit hadap. Penelitian ini mengacu pada penelitian model pengembangan ADDIE. Dilaksanakan di SMK Negeri 8 Surabaya dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa yang berada pada kelas X tata busana 1. Penilaian validitas video serta penilaian produk merupakan metode penelitian yang dipakai. Instrumen penelitian berbentuk lembar penilaian validasi video dan lembar penilaian produk. Teknik analisis data deskriptif digunakan pada riset ini dengan hasil penelitian yang menunjukkan: 1) tingkat validitas video tutorial pola rok lipit hadap mencapai kriteria valid ditinjau dari ahli media rerata (4.1) dan sangat valid ditinjau dari ahli materi (4.3), 2) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 100% terdiri atas 20 siswa dengan presentase 59% berada pada tingkatan sangat baik dan 14 siswa dengan presentase 41% termasuk dalam tingkatan baik.
Kata Kunci: pengembangan, pola rok lipit hadap, video tutorial
ABSTRACT— The utilization of tutorial video gave the students a new experience that precipitate every material retention for online learning at once. This research intends to give description related towards :1) box pleat skirt tutorial video validity rate of several aspects, such as theory and media, 2) learning outcomes of box pleat skirt tutorial video which applied by SMK Negeri 8 Surabaya Fashion Class Grade 1 students after viewing box pleat skirt tutorial video. This study refers to ADDIE development model research. Held at SMK Negeri 8 Surabaya with 34 students from Fashion Class Grade 1 as the research subject. The video validity evaluation and products marking are the method used for this research. The research instrument formed as video validity evaluation sheet and products marking sheet. Descriptive statistics also implied in this research through research results that shown : 1) box pleat skirt tutorial video validity rate achieve ‘appropriate’ criteria reviewed by media expert mean (4.1) and ‘very appropriate’ reviewed by theory expert (4.3), 2) students learning outcomes achieve 100% classical completeness, consists of 20 students with 59% percentage on ‘very feasible’ level and 14 students with 41% percentage on ‘feasible’ level.
Key words : development, box pleat skirt, tutorial video