MANAJEMEN SEKOLAH UNGGUL BERBASIS SOFT SKILLS (STUDI MULTI SITUS DI SMAN 1 SIDOARJO DAN SMAN 15 SURABAYA)
SUPERIOR SCHOOL MANAGEMENT BASED ON SOFT SKILLS
(MULTI-SITE STUDY AT SMAN 1 SIDOARJO AND SMAN 15 SURABAYA)
MANAJEMEN SEKOLAH UNGGUL BERBASIS SOFT SKILLS
(STUDI MULTI SITUS DI SMAN 1 SIDOARJO DAN SMAN 15 SURABAYA)
Nama : Karyanto
NIM : 18070976002
Prodi : S3 Manajemen Pendidikan
Institus i : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. MV. Roesminingsih M.Pd & Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan , menganalisis dan membangun rekomendasi model tentang manajemen sekolah unggul berbasis soft skills studi multi situs di SMAN 1 Sidoarjo dan SMAN 15 Surabaya. Komponen manajemen tersebut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi sekolah unggul berbasis soft skills di SMAN 1 Sidoarjo dan SMAN 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi situs.
Hasil penelitian terkait manajemen sekolah unggul berbasis soft skills studi multi kasus di SMAN 1 Sidoarjo dan SMAN 15 Surabaya menunjukkan bahwa, perencanaan penyusunan program sekolah unggul terarah, terukur dan terkendali dengan baik merupakan suatu keharusan bagi sekolah untuk dapat mewujudkan sekolah yang unggul dalam mengimplementasi program sekolah unggul berbasis soft skills. Pengorganisasian dan pembagian tugas yang jelas, pendelegasian tanggungjawab yang terarah, pengelolaan program yang terorganisir merupakan kunci untuk dapat mewujudkan sekolah yang unggul berbasis soft skills. Pelaksanaan yang terintegrasinya kegiatan pembelajaran, dan proses pembinaan kesiswaan untuk membentuk kecakapan 5 soft skills membutuhkan kerja keras warga sekolah dengan melibatkan Dinas Pendidikan, komite sekolah, orang tua dan masyarakat. Pengawasan dari pihak internal sekolah (Kepala sekolah - warga sekolah)dan pihak eksternal (Komite sekolah, pengawas sekolah, Dinas Pendidikan, keluarga (orang tua wali, dan partisipasi aktif masyarakat) merupakan bagian yang terintegrasi secara fungsional. Evaluasi dimulai dari penyusunan dan pembuatan instrumen penilaian, penilaian secara Internal (kepala sekolah, guru, siswa) dan secara eksternal (komite, pengawas, orang tua, dinas pendidikan), agar dapat menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam proses, sebagai dasar merumuskan tindak lanjut untuk perbaikan.
Kata Kunci : Manajemen ,Sekolah Unggul, Soft Skills
Name : Karyanto
Number : 18070976002
Departemen : S3 Educational Management
Institution : State University Surabaya
Advisor : Prof. Dr. MV. Roesminingsih M.Pd & Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.
This study aims to describe , analyze and rekomended model on superior school management based on soft skills in a multi-site study at SMAN 1 Sidoarjo and SMAN 15 Surabaya. The management component starts from planning, organizing, implementing, supervising, and evaluating soft skills-based superior schools at SMAN 1 Sidoarjo and SMAN 15 Surabaya. This study uses a type of approach with a multi-site study research design.
The results of research related to superior schools based on soft skills, a multi case study at SMAN 1 Sidoarjo and SMAN 15 Surabaya showed that, planning for a superior, complete and well-controlled school program is a must for schools to be able to create schools that excel in implementing soft skills school programs. superior based. Clear organization and division of tasks, directed delegation of responsibilities, organized program management are the keys to being able to realize an excellent school based on soft skills. Implementation of integrated learning activities, and student development processes to build 5 soft skills that require the hard work of school residents by involving the Education Office, school committees, parents and the community. Supervision from internal schools (principals - school residents) and external parties (school committees, school supervisors, Education Offices, families, and active community participation) is a functionally integrated part. Evaluation begins with the preparation and manufacture of assessment instruments internally (principals, teachers, students) and externally (committees, supervisors, parents, education offices), in order to find supporting and inhibiting factors in the process, as a basis for formulating follow-up actions for improvement.
Keywords:Managemen, Excellent School, Soft Skills