Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kinerja pegawai di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur (LPMP Jatim) serta Menjabarkan kondisi lingkungan dan kondisi individu pegawai LPMP Jatim yang mendukung tercapainya tujuan lembaga.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini Kepala LPMP Jatim, Kepala Urusan dari semua Sub Bagian Umum, Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi, Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Kepala Seksi Sistem Informasi dan Pegawai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles &Huberman, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: keberhasilan LPMP dalam mencapai tujuan lembaga adalah menerapkan kekerabatan, menciptakan hubungan yang hangat antar pegawai, membuat pegawai merasa nyaman dengan lingkungan, sehingga semua pegawai mampu berkontribusi dan bekerja sama dengan baik untuk tercapainya tujuan LPMP Jatim. Di dukung dengan Kompetensi yang telah diatur oleh Undang-Undang dan Permendikbud sehingga memiliki kualitas pegawai yang terjamin, serta kekompakan pegawai LPMP Jatim dalam mengerjakan tugas dan fungsinya, menimbulkan hasil kinerja yang mampu membuat LPMP Jatim mencapai tujuan yang di inginkan serta mendapatkan prestasi. Kata kunci: kinerja, 8 indikator kinerja, LPMP Jawa Timur
This research aims to describe the process of employee performance at the East Java Education Quality Assurance Agency (East Java EQAA) and Describes the environmental conditions and conditions of individual EQAA East Java employees who support the achievement of institutional goals. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach. The subject of this research is the Head of East Java EQAA, Head of Affairs of all General Subdivisions, Head of Quality Mapping and Supervision Section, Head of Education Quality Improvement Facilitation Section, Head of Information Systems and Employees Section. Technique data collection use disinterviews, observation and documentation. Test the validity of the data using source triangulation and technical triangulation. Analysis of the data use disusing the Miles &Huberman model, which consistsof: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
The results of this research indicate that: the success of EQAA in achieving the goals of the institution is to apply kinship, create warm relationships between employees, make employees feel comfortable with the environment, so that allemployees are able to contribute and work well together to achieve the objectives of East Java EQAA. Supported by Competencies that have been regulated by the Law and the Minister of Education and Culture so that they have guaranteed employee quality, and the solidarity of East Java EQAA employees in carrying out their dutiesand functions, resulting in performance results that can make East Java EQAA achieve the desired goals and get achievements. Keywords: performance, East Java Education Quality Assurance Agency.