Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pembentukan kedisiplinan siswa melalui program pendidikan karakter Dedicate di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI berjumlah 84 siswa. Lokasi penelitian ini di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Jl. Pucang Anom No. 91 Kertajaya, Gubeng, Kota Surabaya). Hasil penelitian ini ditinjau dari dua indikator yaitu indikator kepatuhan dan indikator keteraturan. Hasil dari indikator kepatuhan memperoleh persentase 2,38% masuk dalam kategori baik dan 97,6% masuk dalam kategori sangat baik. Dalam indikator keteraturan memperoleh persentase 4,76% masuk dalam kategori baik dan 95,23% masuk dalam kategori sangat baik. Jika ditinjau dari indikator kepatuhan yang termasuk pada kriteria baik dengan skor rata-rata 49,61% dan jika ditinjau dari indikator keteraturan yang termasuk pada kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 49,45%. Sehingga dapat disimpulkan program Dedicate berhasil membentuk kedisiplinan siswa.
Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Pembentukan Kedisiplinan, Program Sekolah.
This study aimed to describe the picture of the formation of student discipline through the Dedicate character education program in SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. This research uses quantitative reseach methods with a descriptive approach. Data collection techniques using a closed questionnaire. The sample in this study was students of class X and XI totaling 84 students. The research is located in SMA Muhammdiyah 2 Surabaya (Jl. Pucang Anom No. 91 Kertajaya, Gubeng, Kota Surabaya). The results of this study are reviewed from two indicators namely compliance indicators and regularity indicators. The results of the compliance indicator obtained a percentage of 2,38% included in the good category and 97,6% included in the very good category. The results of the regularity indicator obtained a percentage of 4,76% included in the good category and 95,23% included in the very good category. If viewed from the compliance indicator included in the good criteria with an average score of 49,61% and when viewed from the regularity indicators included in the good criteria with an average score of 49,45%. So it can be conclude that the Dedicate program succeded in establishing student discipline
Keywords : Strengthening Character Education, Discipline Formation, Scholl Programs.