APPLICATION OF GROUP COUNSELING WITH SELF MANAGEMENT STRATEGY TO REDUCE STUDENT’S SOCIAL MEDIA ADDICTION IN SMAN 1 DRIYOREJO
Perilaku kecanduan media sosial adalah perilaku kurang kontrol dalam menggunaka media sosial yang mengakibatkan konsentrasi dalam belajar menurun, tidur larut malam, dan kurang dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang sudah dilakukan, terdapat empat siswa yang memiliki kecanduan media sosial yang tinggi di SMAN 1 Driyorejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konseling kelompok dengan startegi self management dapat mengurangi kecanduan media sosial di kelas XI SMAN 1 Driyorejo.
Penelitian yang dilakukan menggunakan model pendekatan Single Subject Design A-B dengan jumlah empat orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis dalam kondisi baseline dan intervensi. Hasil dari analisis yang sudah dilakukan oleh peneliti pada level stabilitas menunjukkan bahwa pada subyek TTP pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 50% pada fase intervensi intervensi (B), subyek CSD pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 50% pada fase intervensi intervensi (B), subyek SL pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 50% pada fase intervensi (B), dan subyek RWA pada fase baseline (A) sebesar 85% tetap 85% pada fase intervensi (B).
Level perubahan pada perilaku kecanduan media sosial subyek TTP menunjukkan memburuk (-) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+) pada fase intervensi (B), subyek CSD menunjukkan memburuk (-) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+) pada fase intervensi (B), subyek SL menunjukkan memburuk (-) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+) pada fase intervensi (B), dan subyek RWA menunjukkan memburuk (-) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+) pada fase intervensi (B). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan skor dari perilaku kecandua media sosial setelah diberikan konseling kelompok dengan strategi self management.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Strategi Self Management, Kecanduan Media Sosial
Social media addiction behavior is a lack of control behavior in using social media which results in decreased concentration in learning, sleeping late at night, and lacking in interacting with the surrounding environment. Based on observations and interviews conducted, there are four students who have high social media addiction at SMAN 1 Driyorejo. The purpose of this study was to determine group counseling with self management strategies that can reduce social media addiction in class XI SMAN 1 Driyorejo.
Research conducted using the Single Subject Design A-B approach model with a total of four people. The analysis technique used is the analysis technique in baseline and intervention. The results of the analysis conducted by researchers on the level of stability showed that in the TTP subjects in the baseline (A) phase by 85% to 50% in the intervention phase of intervention (B), CSD subjects in the baseline phase (A) by 85% to 50% in the intervention phase of intervention (B), SL subjects in the baseline phase (A) by 85% to 50% in the intervention phase (B), and RWA subjects in the baseline phase (A) by 85% remained 85% in the intervention phase (B) .
The level of change in social media addiction behavior of TTP subjects showed deterioration (-) in the baseline phase (A) to improve (+) in the intervention phase (B), CSD subjects showed deterioration (-) in the baseline phase (A) to improve (+) in the intervention phase (B), SL subjects showed deterioration (-) in the baseline phase (A) to improve (+) in the intervention phase (B), and RWA subjects showed deterioration (-) in the baseline phase (A) to improve (+ ) in the intervention phase (B). It can be concluded that there is a change in scores from social media addictive behavior after group counseling with self management strategies is given.
Keyword : Group Counseling, Self Management Strategies, Social Media Addiction