Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Konteks Covid 19
Students Creative Thinking Skills In Problem Solving In The Context of Covid 19
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan tingkat berpikir kreatifnya dalam memecahkan masalah matematika konteks covid 19. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa kelas IX dengan masing-masing berada pada tingkat berpikir kreatif yang berbeda. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes pemecahan masalah matematika konteks covid 19. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data yaitu dengan melihat bagaimana siswa tersebut dalam menyelesaikan permasalahan ide apa saja yang dapat diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek dengan tingkat 0 (tidak kreatif) mampu memahami soal dengan baik dan dapat menyelesaikannya dengan benar, tetapi hanya memberikan satu jawaban saja. Selanjutnya subjek menyajikan data yang diperoleh hanya dengan diagram batang dengan benar. Subjek dengan dengan tingkat 1 (kurang kreatif) dapat memahami soal dengan baik dan mampu menghasilkan dua jawaban yang berbeda dan tepat, serta dapat memberikan dua cara pada soal penyajian data yaitu dengan diagram garis dan diagram bantang, tetapi hanya satu cara dengan diagram batang saja yang benar. Subjek dengan tingkat berpikir kreatif 2 (cukup kreatif), mampu mengartikan soal dengan baik dan dapat memeberikan satu jawaban degan benar dan dapat memberikan dua acara penyajian data dalam bentuk diagram batang dan tabel dengan benar. Sedangkan subjek dengan tingkat 3 (kreatif), mampu memahami soal dengan baik dan dapat memberikan dua jawaban yang berbeda serta dua cara penyajian data dengan benar yaitu delam bentuk tabel dan diagram batang.
Kata kunci: berpikir kreatif, pemecahan masalah matematika
This study aims to describe the creative thinking abilities of students based on their level of creative thinking in solving math problems in the context of covid 19. The subjects of this study were four students of class IX, each at a different level of creative thinking. Data collection was carried out by providing a test for solving mathematics problems in the context of Covid 19. Data analysis techniques were data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data analysis is to see how these students solve problems with what ideas can be given. The results showed that subjects with level 0 (not creative) were able to understand the questions well and could solve them correctly, but only gave one answer. Furthermore, the subject presents the data obtained only with the bar chart correctly. Subjects with level 1 (less creative) can understand the problem well and are able to produce two different and precise answers, and can provide two ways to present data questions, namely line diagrams and slam diagrams, but only one way with bar charts only. right. Subjects with creative thinking level 2 (creative enough), are able to interpret the questions well and can give one correct answer and can provide two data presentation events in the form of bar charts and tables correctly. While the subject with level 3 (creative), is able to understand the problem well and can provide two different answers and two ways of presenting data correctly, namely in the form of tables and bar charts.
Keywords: creative thinking, math problem solving