Pembelajaran melalui pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang meliputi tahapan 5M, yakni menggali informasi awal melalui kegiatan pengamatan (mengamati), membangkitkan rasa ingin tahu siswa melalui kegiatan menanya, mengumpulkan informasi melalui sumber ajar dalam kegiatan mengumpulkan informasi, mengolah dan menghubungkan informasi yang telah didapat dalam kegiatan menalar atau mengasosiasi, serta menyajikan hasil informasi dalam kegiatan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik selama menggunakan pembelajaran melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 85% dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan aktivitas peserta didik mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 64,5% dengan kriteria “aktif”. Hasil belajar peserta didik siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,96 dengan ketuntasan klasikal 73%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,36 dengan ketuntasan klasikal 84,6%. Respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui pendekatan saintifik sebesar 84% dengan kriteria “memahami”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X AKL 1 pada mata pelajaran perbankan dasar di SMK Negeri 1 Bangkalan.
Learning through the scientific approach is learning which includes the stages of 5M, which is digging up the initial information through observing activities, arousing curiosity of students through questioning activities, gathering information through teaching resources in the activity of gathering information, processing and connecting information that has been obtained in activities reasoning or associating, and presenting the results of information in communicating activities. The purpose of this study is to improve student learning result while using learning through the scientific approach. This research is a Classroom Action Research which is carried out for 2 cycles. Each cycle includes four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection.
The results of the study showed that the activity of the teacher obtained an overall average of 85% with the criteria of "very good". While the activities of students get an overall average of 64.5% with the criteria of "active". Learning result of students in cycle I get an average value of 75.96 with classical completeness of 73%, cycle II gets an average value of 83.36 with classical completeness of 84.6%. The response of students in following learning through the scientific approach is 84% with the criteria of "understanding". Thus it can be concluded that learning through the scientific approach could improve the learning result of students in class X AKL 1 on basic banking subjects at Vocational High School 1 Bangkalan.