Dengan
ditemukannya permasalahan tentang kurangnya sumber belajar pada materi pokok
Karakteristik Aplikasi Pemodelan Tiga Dimensi mata pelajaran kejuruan
Multimedia Teknik Animasi Tiga Dimensi, maka peserta didik dituntut untuk
mencari sumber belajar secara mandiri. Namun, pada kenyataanya peserta didik kesulitan
untuk menemukan dan menentukan sumber belajar yang sesuai dan beberapa sumber
belajar yang ada tidak diperuntukkan untuk pembelajaran di sekolah melainkan
untuk dunia kerja. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti melakukan
penelitian ini guna mengembangkan media CAI
yang layak dan efektif pada mata pelajaran Teknik Animasi Tiga Dimensi materi
pokok Karakteristik Aplikasi Pemodelan Tiga Dimensi untuk siswa kelas XI SMK
Negeri 2 Buduran-Sidoarjo.
Jenis
penelitian yang diaplikasikan oleh peneliti merupakan jenis penelitian
pengembangan. Data pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan beberapa
instrumen antara lain instrumen wawancara kepada para ahli, serta angket dan
tes kepada ssasaran penelitian yaitu siswa kelas XI Multimedia 3 SMK Negeri 2
Buduran-Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall .
Data yang
diperoleh dibagi menjadi dua macam, data yang didapatkan dari hasil angket dan
tes siswa termasuk data kuantitatif, serta data yang didapatkan dari hasil
wawancara dengan ahli pembelajaran, ahli materi, serta ahli media termasuk
dalam data kualitatif. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksperimen
dengan desain one-group pretest-posttest
design. Merujuk dari hasil analisis data yang didapatkan, dapat ditarik
kesimpulan bahwa hasil validasi dari ahli pembelajaran, ahli materi, serta ahli
media pembelajaran adalah media pembelajaran tersebut layak digunakan dengan
beberapa revisi. Hasil angket uji coba produk kepada siswa kelas XI Multimedia
3 SMK Negeri 2 Buduran-Sidoarjo, dapat disimpulkan bahwa : (a) hasil uji coba
kelompok kecil mendapat persentase 98%
(sangat baik), (b) hasil uji lapangan mendapat persentase 98% (sangat baik).
Dengan hasil tersebut media CAI ini
layak digunakan.
Analisis uji t
dilakukan untuk membandingkan hasil pretest
dan hasil posttest siswa kelas XI
Multimedia 3 dengan taraf signifikan 5% dengan d.b- 1= 34-1, sehingga diperoleh
t tabel = 2,042. Hasil akhir diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu
15,08 > 2,032. Sehingga dapat di simpulkan bahwa media CAI mata pelajaran Teknik Animasi Tiga Dimensi materi
pokok Karakteristik Aplikasi Pemodelan Tiga Dimensi efektif.
Kata Kunci :
Pengembangan, Media, CAI , Teknik
Animasi Tiga Dimensi, Aplikasi Pemodelan Tiga Dimensi