Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI OTKP 3 dan 4 Di SMK Negeri 10 Surabaya
The Effect Of Learning Motivation and Student Discipline on Student Achievement In Class XI OTKP 3 and 4 at SMK Negeri 10 Surabaya
Hasil observasi awal di SMK Negeri 10 Surabaya hasilnya masih rendahnya nilai prestasi.belajar yang diraih oleh
peserta didik kelas XI OTKP 3 dan 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat pengaruh motivasi belajar dan
kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa secara simultan. Sedangkan populasi penelitian ini ialah semua
peserta didik XI OTKP 3 dan 4 di SMK Negeri 10 Surabaya yang jumlahnya 72 siswa. Variabel penelitiannya yaitu
motivasi belajar (X1) serta kedisiplinan siswa (X2) menjadi variabel bebas serta prestasi belajar (Y) menjadi variabel
terikat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, untuk pengambilan data memakai
angket/kuisioner skala likert. Sedangkan untuk metode analisis data yang dipakai yaitu uji asumsi klasik serta analisis
regresi linier berganda dengan memakai SPSS 25 for windows. Hasil penelitiannya (1) Motivasi belajar berpengaruh
positif signifikan pada prestasi belajar peserta didik XI OTKP 3 dan 4 di SMK Negeri 10 Surabaya dengan nilai thitung
yaitu 3,155 serta nilai signifikansi yaitu 0,002. (2) Kedisiplinan siswa berpengaruh positif signifikan pada prestasi
belajar peserta didik XI OTKP 3 dan 4 di SMK Negeri 10 Surabaya dengan nilai thitung sebesar 3,721 dan nilai
signifikansi sebesar 0,000. (3) Motivasi belajar serta kedisiplinan siswa berpengaruh positif signifikan pada prestasi
belajar peserta didik XI OTKP 3 dan 4 di SMK Negeri 10 Surabaya dengan nilai Fhitung sebesar 40,748 dan ftabel sebesar
3,13 sedangkan untuk nilai signifikansi sebesar 0,000.
The results of preliminary observations at SMK Negeri 10 Surabaya show that the students in class XI OTKP 3 and 4
are still low. The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation and student discipline on
learning achievement simultaneously. The population for this study were all students of class XI OTKP 3 and 4 at
SMK Negeri 10 Surabaya, totaling 72 students. The variables studied were learning motivation (X1) and student
discipline (X2) as the independent variable and learning achievement (Y) as the dependent variable. The method used
in this research is quantitative research methods, for data collection using a Likert scale questionnaire. Meanwhile,
the data analysis method used is the classical assumption test and multiple regression analysis with the help of SPSS
25 for windows. The results of this study are: (1) Learning motivation has a significant positive effect on student
achievement in class XI OTKP 3 and 4 at SMK Negeri 10 Surabaya with a tcount of 3.155 and a significance value of
0.002. (2) Student discipline has a significant positive effect on student achievement in class XI OTKP 3 and 4 at SMK
Negeri 10 Surabaya with a tcount of 3,721 and a significance value of 0,000. (3) Student motivation and discipline
have a significant positive effect on student achievement in class XI OTKP 3 and 4 at SMK Negeri 10 Surabaya with
an Fcount of 40.748 and a Ftable of 3.13, while a significance value of 0.000.