ANALISIS UNSUR MEDIA PRESENTASI DENGAN POWERPOINT YANG DIGUNAKAN OLEH GURU IPA DI SMPN 1 MEGALUH
ANALYSIS OF THE POWERPOINT WITH PRESENTATION MEDIA ELEMENTS USED BY THE SCIENCE TEACHERS AT SMPN 1 MEGALUH
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis media pembelajaran yang digunakan oleh guru di SMPN 1 Megaluh guna tercapainya tujuan pembelajaran yang maksimal. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan media pembelajaran yang digunakan saat proses mengajar. Responden yang dipilih adalah 3 guru IPA yang mengajar di kelas 7, 8 dan 9 dengan total 9 media powerpoint yang dihimpun dari 3 guru IPA tersebut. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penilaian media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa powerpoint yang dibuat oleh guru di SMPN 1 Megaluh mempunyai keunggulannya masing-masing sesuai dengan materi yang ditampilkan ditinjau dari aspek isi, kebahasaan dan tampilan media. Simpulan dari penelitian ini adalah perolehan persentase pada analisis media powerpoint yaitu pada guru kelas 7 dengan materi “Pengukuran” memperoleh persentase sebesar 83,3%, guru kelas 8 dengan materi “Gaya” memperoleh persentase sebesar 85%, dan pada guru kelas 9 dengan materi “Listrik Dinamis” memperoleh persentase sebesar 83,3%. Hasil diatas menunjukkan bahwa media pembelajaran powerpoint yang digunakan guru di SMPN 1 Megaluh dikategorikan baik, dan dapat digunakan dengan revisi. Adapun saran yang bisa diberikan pada penelitian ini yaitu penyisipan hyperlink dan penggunaan background yang tepat pada powerpoint agar tampilan menjadi lebih menarik.
Kata Kunci : Analisis Media, Media Presentasi, Powerpoint Presentation.
This research was conducted with the aim of analyzing the presentation media used by teachers at SMPN 1 Megaluh in order to achieve maximum learning objectives. The research design used is descriptive quantitative. The subjects of this research are teachers and presentation media used during the teaching process. The selected respondents were 3 science teachers teaching in grades 7, 8 and 9 with a total of 9 powerpoint media collected from the 3 science teachers. This research method uses descriptive quantitative using learning media assessment instruments. The data analysis technique used was data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results in this study indicate that the powerpoints made by teachers at SMPN 1 Megaluh have their respective advantages in accordance with the material displayed in terms of content, language and media appearance aspects. The conclusion of this study is the percentage acquisition in the powerpoint media analysis, namely the 7th grade teacher with the material "Measurement" gets a percentage of 83.3%, the 8th grade teacher with the "Force" material gets a percentage of 85%, and the 9th grade teacher with the material "Dynamic Electricity" obtained a percentage of 83.3%. The results above show that the powerpoint learning media used by the teacher at SMPN 1 Megaluh is categorized as good, and can be used with revisions.
Keywords : Media Analysis, Presentation Media, Powerpoint Presentation.