PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRAINING KIT MIKROKONTROLLER MENGGUNAKAN IOT TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMMAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLLER DI SMK KAL 1 SURABAYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
THE INFLUENCE OF MICROCONTROLLER TRAINING KIT LEARNING MEDIA USING IOT ON STUDENT COMPETENCE IN MICROPROCESSOR AND MICROCONTROLLER PROGRAMMING ENGINEERING SUBJECTS AT SMK KAL 1 SURABAYA IN TERMS OF STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS
Penelitian ini bertujuan untuk mengaji pengaruh media pembelajaran training kit mikrokontroler terhadap kompetensi siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, yang meliputi: (1) menganalisis perbedaan kompetensi siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran training kit mikrokontroler menggunakan IoT dan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran training kit Arduino Uno; (2) menganalisis perbedaan kompetensi siswa antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (3) menganalisis interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kemampuan analisis terhadap kompetensi siswa.
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian faktorial. Hasil penelitian diperoleh dengan teknik uji statistik Anava dua jalur. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Subjek penelitian akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu: (1) kelompok eksperimen merupakan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran training kit mikrokontroler menggunakan IoT; dan (2) kelompok kontrol merupakan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran training kit Arduino Uno.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran training kit mikrokontroller IoT, lebih tinggi secara signifikan dibanding kompetensi siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran training kit mikrokontroller arduino; (2) kompetensi siswa yang memiliki kemampuan berpikir krtitis tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding kompetensi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (3) terdapat interaksi secara signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa.
This study aims to assess the influence of microcontroller training kit learning media on student competence in terms of critical thinking skills, which include: (1) analyzing differences in student competencies taught using microcontroller training kit learning media using IoT and students taught using Arduino Uno training kit learning media; (2) analyze the differences in student competence between students who have high critical thinking skills and students who have low critical thinking skills; (3) analyze the interaction between the use of learning media and analytical skills on student competencies.
This research is a type of experimental research with a quantitative approach and factorial research design. The results of the study were obtained with the two-track Anava statistical test technique. The research sample was taken by simple random sampling technique. The research subjects will be divided into 2 groups, namely: (1) the experimental group is a group of students who are taught using microcontroller training kit learning media using IoT; and (2) the control group is a group of students taught using Arduino Uno training kit learning media.
The results of the study concluded that: (1) the competence of attitudes, knowledge, and skills of students taught using training media ki0074 microcontroller IoT, significantly higher than the competence of students taught using learning media training kit microcontroller arduino; (2) the competence of students who have high critical thinking skills, significantly higher than the competence of students who have low critical thinking skills attitudes, knowledge, and skills; (3) there is a significant interaction between the use of learning media and the ability to think critically on students' attitudes, knowledge, and skills competencies.