PROSES METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY
STUDENTS METACOGNITION PROCESS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN TERMS OF KEIRSEY’S PERSONALITY TYPE
Metakognisi memainkan peran penting dalam kegiatan pemecahan masalah. Ini akan membantu siswa untuk menemukan apa masalahnya dan memahami bagaimana mendapatkan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa berdasarkan tipe kepribadian Keirsey. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dilakukan dengan melibatkan delapan siswa yang memiliki kemampuan matematika setara dan jenis kelamin yang sama. Siswa terpilih mewakili setiap tipe kepribadian Keirsey. Pemilihan siswa dilakukan melalui dua jenis tes, yaitu Tes Keirsey Temperament Sorter (KTS) dan Tes Kemampuan Matematika (MAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa dapat melalui seluruh komponen proses metakognisi (kesadaran, regulasi, dan evaluasi) secara berurutan. Pada tahap kesadaran, siswa dapat menyadari apa yang diketahui dan menyadari apa yang harus dilakukan. Siswa cenderung mengingat masalah yang telah diselesaikan sebelumnya untuk menemukan strategi pemecahan masalah. Siswa cenderung memilih strategi yang tahapan operasinya cenderung singkat dan paling dipahami dengan baik pada tahap regulasi. Pada tahap evaluasi, hampir semua siswa memeriksa solusi yang diperoleh dan menyadari keterbatasannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah dengan melihat proses metakognitisi yang belum dialami siswa dengan melihat tipe kepribadiannya terlebih dahulu. Guru juga dapat membiasakan siswa dengan proses metakognitisi yang jarang dilalui selama pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan metakognitisi siswa.
Metacognition plays an important role in problem-solving activities. It will help students to find what the problem is and understand how to get the solution. This study aimed at describing the students’ metacognition process based on Keirsey's personality types. This research used qualitative method with descriptive approach and it was conducted involving eight students who have equal mathematical abilities and the same gender. The selected students represented Keirsey’s personality types. The selection of students was carried out through two types of tests, namely the Keirsey Temperament Sorter (KTS) and the Mathematics Ability Test (MAT). The results showed that all students could go through all components of the metacognition process (awareness, regulation, and evaluation) sequentially. At the awareness stage, students can realize what is known and realize what must be done. Students tend to remember problems that have been solved before to find problem solving strategies. Students tended to choose strategies whose stages of operation tended to be short and best understood in the regulation stage. At the evaluation stage, almost all students examined the solutions obtained and realized their limitations. Based on this research results, the teacher can help students who have difficulty solving problems by looking at metacognitive processes that have not been experienced by students by looking at their personality types first. Teachers can also familiarize students with metacognitive processes rarely passed during classroom learning to improve students' metacognitive abilities.