STRATEGI GURU PPKn DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN LITERASI KEBANGSAAN BAGI SISWA SMPN 15 GRESIK
Penerapan kegiatan literasi di sekolah tidak lepas dari tanggung jawab seorang guru yang mengajar, salah satunya ialah guru mata pelajaran PPKn. Kegiatan literasi bertujuan untuk meningkatkan minat literasi siswa. Guru PPKn di SMPN 15 Gresik membentuk program literasi kebangsaan dalam menerapkan keterampilan literasi siswa. Strategi guru PPKn tersebut bertujuan untuk menerapkan keterampilan literasi siswa dalam membaca, menulis, berbicara, menyimak ataupun mendengarkan melalui kegiatan literasi kebangsaan. Kegiatan literasi kebangsaan dijadikan wadah yang baik untuk menerapkan keterampilan literasi siswa supaya menjadi generasi penerus bangsa yang literat, menambah pengetahuan, wawasan kebangsaan serta dijadikan sebagai bekal agar siswa memiliki rasa kebangsaan, mencintai tanah air serta memiliki sikap nasionalisme dalam menghadapi segala perkembangan dan dampak globalisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Strategi guru PPKn dalam menerapkan keterampilan literasi kebangsaan, (2) Mengetahui faktor-faktor yang menghambat strategi guru PPKn dalam menerapkan keterampilan literasi kebangsaan bagi siswa SMPN 15 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori perkembangan kognitif dari Jean Piaget.
Hasil pada penelitian ini mendeskripsikan bahwa strategi guru PPKn dalam menerapkan keterampilan literasi kebangsaan yakni dilakukan dengan mendorong minat literasi siswa, mempersiapkan sarana literasi, memberikan dorongan atau motivasi dan apresiasi agar siswa menyukai kegiatan literasi, membiasakan siswa melakukan kegiatan membaca, merangkum, dan berkomentar singkat terkait buku bacaan, mengadakan kegiatan lomba bercerita (story telling). Faktor penghambat strategi guru PPKn dalam penerapan keterampilan literasi kebangsaan bagi siswa adalah rendahnya minat literasi siswa, kurangnya buku bacaan atau bahan bacaan, perpustakaan yang tidak berfungsi dan lingkungan yang kurang mendukung. Keterkaitan antar teori perkembangan kognitif dengan penelitian ini adalah kognitif berperan penting dalam penerapan keterampilan literasi kebangsaan karena kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman informasi yang ada pada sebuah tulisan.
Kata kunci : Strategi Guru PPKn, Keterampilan Literasi, Literasi Kebangsaan
The implementation of literacy activities in schools cannot be separated from the responsibility of a teacher who teaches, one of which is a Civics teacher. Literacy activities aim to increase students' interest in literacy. Civics teachers at SMPN 15 Gresik form a national literacy program in applying students' literacy skills. The Civics teacher strategy aims to apply students literacy skills in reading, writing, speaking, listening which are applied through national literacy activities. National literacy activities are used as a good forum for applying students' literacy skills so that they become literate next generations of the nation, increase knowledge, national insights and serve as provisions so that students have a sense of nationality, love the motherland and have an attitude of nationalism in dealing with all developments and impacts of globalization.
The purpose of this study was to obtain a description of (1) Civics teacher strategies in applying national literacy skills, (2) Knowing the factors that hinder Civics teacher strategies in applying national literacy skills to students of SMPN 15 Gresik. This study uses a qualitative research approach with a case study type of research. Data collection techniques in this study used observations, interviews and documentation. Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation, verification or conclusions. The theoretical foundation in this research is Jean Piaget theory of cognitive development.
The results of this study describe that the Civics teacher strategy in applying national literacy skills is carried out by encouraging students' literacy interest, prepare means for literacy, provide encouragement or motivation and appreciation so that students like literacy, students carry out reading activities, summarize and comment briefly on the books they read, hold story telling competitions. The inhibiting factors for the Civics teacher strategy in applying national literacy skills to students are the low interest in student literacy, a shortage of reading books or reading materials, a library that is not functioning and an environment that is less supportive. The link between cognitive development theory and this research is that cognitive plays an important role in the application of national literacy skills because the activities carried out aim to provide an understanding of the information contained in a piece of writing.
Keywords : Civics Teacher Strategy, Literacy Skills, National Literacy