ABSTRAK
Patmawati, 2020, Pengembangan Perangkat
Pembelajaran IPA Berbasis Collaborative Learning untuk Melatih Keterampilan
Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa SD Kelas V. Makalah Komprehensif,
Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembeimbning: (I) Prof. Muslimin Ibrahim, M.Pd dan (II) Dr. Suryanti, M.Pd
Kata-kata Kunci: Pembelajaran
IPA, Model Pembelajaran Berbasis Colaborative Learning, Pemahaman Konsep,
Keterampilan Berpikir Kritis.
Penelitian ini bertujuan
mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model pembelajaran
berbasis Collaborative Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan
pemahaman konsep siswa pada materi pengaruh kalor pada perubahan wujud benda di
kelas V SD.
Jenis penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan . model pengembangan yang digunakan adalah
model 4D (Four –D Model) tetapi hanya sampai pada tahap pengembanagn(develop).
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, Bahan Ajar Siswa,
LKPD, tes pemahaman konsep, dan tes keterampilan berpikir kritis. Perangkat
tersebut diujicobakan pada siswa kelas V SDN Banyu Urip VI Surabaya pada tahun
ajaran 2019-2020.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori baik,
tingkat keterbacaan bahan ajar siswa dan LKPD berkategori baik, keterlaksanaan
RPP berkategori baik, akrivitas siswa mengalami peningkatan berpusat pada
siswa, siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran , seluruh
siswa mencapai ketuntasan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran IPA berbasis Collaborative learning untuk melatih kemampuan
berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa
di SD layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.