ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi pencemaran air untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M.I yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran), namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop (pengembangan). Proses uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas VII-J SMP Negeri 3 Sidoarjo dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kevalidan LKS yang memperoleh nilai modus kelayakan 4 dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan LKS yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai modus sebesar 4 dengan kategori sangat baik dan responsiswa yang memperoleh nilai sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan LKS ditinjau dari peningkatan hasil keterampilan berpikir kritis siswa dengan memperoleh n-gain rata-rata sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi pencemaran air layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), berpikir kritis, pencemaran air.
ABSTRACT
The purpose of this research was to develop worksheet based on guided inquiry in water pollution sub material to increase critical thinking skills of students in junior high school based on the validity, the practicability, and the effectiveness. This research used the 4-D development model by Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M.I consist of Define, Design, Develop, and Disseminate. But in this research was limited to the develop step. The process of trial was conducted in 32 students of grade 7th-J of SMPN 3 Sidoarjo with a design study one group pretest-posttest design. The result of research showed that validity of student’s worksheets got modus value was 4 with criteria very valid. Practicality of student’s worksheets were viewed from implementation during the learning also got modus value was 4 with criteria very good and responses of students got average percentage 91% with very good criteria. Effectiveness of student’s worksheets were viewed from increasing of students’s cricical thinking skills. The Increasing of students’s critical thinking skills got average N-gain 0,72 in high categories. It could be concluded that the student’s worksheet based on guided inquiry in water pollution sub material is feasible used in learning based on the validity, the practicability, and the effectiveness.
Keywords: Student’s Worksheet, guided Inquiry, water pollution.