Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Mobile Learning pada materi objek IPA dan pengamatannya yang memenuhi kelayakan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada metode penelitian Research and Develompent (R&D) yang dibatasi sampai 6 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan ujicoba terbatas sebanyak 20 siswa. Media pembelajaran interaktif diujicobakan di SMPN 21 Surabaya di kelas VII-A. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah media, lembar validasi, lembar aktivitas siswa, lembar respon siswa dan lembar tes. Teknik pengumpulan data adalah validasi, angket, observasi, pretest dan posttest. Hasil validitas media mendapatkan kriteria sangat layak dengan modus sebesar 4. Kepraktisan media, untuk respon siswa mendapatkan respon positif dengan kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 87,6%, dan aktivitas siswa menunjukkan aktivitas positif pada saat mempelajari materi menggunakan media m-learning dengan persentase sebesar 31,03%. Keefektifan dari penggunaan media ini mendapatkan ketuntasan posttest sebesar 100% dengan N gain sebesar 0,80 dan aspek keterampilan memperoleh nilai rata-rata sebesar 87 dengan kriteria tuntas. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis m-learning layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi objek IPA dan pengamatannya.
Kata Kunci : M-Learning, Hasil Belajar, dan Objek IPA dan Pengamatannya.
This research is a Mobile Learning-based learning media development research on science object material and its observations that meet the feasibility based on validity, practicality, and effectiveness to improve student learning outcomes. This development research refers to Research and Develompent (R & D) research methods which are limited to 6 stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revisions and limited trials of 20 students. Interactive learning media tested at SMPN 21 Surabaya in class VII-A. The instruments used were media review sheets, validation sheets, student activity sheets, student response sheets and test sheets. Data collection techniques are validation, questionnaire, observation, pretest and posttest. The results of media validity get very decent criteria with a mode equal to 4. Practicality of the media, for responses students get a positive response with very good criteria with a percentage of 87.6%, and student activity shows positive activity while studying material using m-learning media with a percentage amounting to 31.03%. The effectiveness of the use of this media gets a posttest completeness of 100% with an N gain of 0.80 and if viewed from the aspect of affordability the average value is 87 with criteria complete. The results of the study indicate that m-learning-based interactive media is feasible to be used as an alternative learning media in the science object material and its observations.
Keywords: m-learning, student learning outcomes, object of science and observation