Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi maupun konsep rancangan desain kartu ATM yang ditujukan untuk menarik minat nasabah remaja untuk mengetahui respon maupun tanggapan yang muncul dari target audiens mengenai rancangan desain yang diajukan. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Sampel penelitian ini berasal dari siswa kelas 2 SMA di SMAN 1 WONOAYU kota sidoarjo. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 orang siswa dan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan media dan kuisioner yang disajikan secara deskriptif. Konsep rancangan yang digunakan dalam perancangan desain kartu ATM ini lebih kepada suatu desain yang menampilkan wujud visual yang menarik, memberikan kesan ceria, tidak memberikan kesan yang ‘berat dan rumit’ serta menggunakan font has grotesk serta lebih menggunakan warna pastel yang unik. Tahapan dari pembuatan rancangan ini adalah 1.Mengamati desain salah satu produk kartu atm bank terdahulu 2.Mengumpulkan refrensi dan desain yang relevan 3.Pembuatan thumbnail, tight tissue, final desain 4.Melakukan validasi media dan desain kepada beberapa ahli untuk mendapatkan masukan 5.Melakukan revisi dan beberapa penyesuaian berdasar pada masukan dari validator ahli 6.Pembuatan desain final 7.Pengujian data dan desain terhadap target audiens yaitu remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain yang ditampilkan dalam rancangan kartu ATM tersebut mampu menarik minat calon nasabah remaja hingga berpotensi kuat untuk menjadi nasabah. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek pertanyaan yang diajukan kepada responden. Para responden menunjukkan respon yang positif. Hasil dari pengolahan data menunjukkan dari 64 responden yang mewakili remaja usia 17 tahun keatas di populasi sekolah tersebut, dengan persentase 81,2% dari jumlah populasi dapat dinyatakan tertarik dan berpotensi kuat akan menjadi calon nasabah.
Kata kunci: Desain, Desain Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Minat, Remaja
This study was designed to find out the description and concept of designing an ATM card that is intended to attract teenagers to know the responses that arise from the target audience. This research uses research and development methods. The sample of this study came from high school students in grade 2 at SMAN 1 WONOAYU in sidoarjo city. The number of samples used in this study were 60 students and used a simple random sampling technique. This study uses the media and questionnaires presented descriptively. The design concept used in the design of this ATM card design is more for designs that display visually appealing shapes, give pictures, do not give a 'heavy and complicated' picture using fonts with grotesks and use more unique pastel colors. The stages of making this design are: 1. Observe the design of one of the products that was launched earlier 2. Gather relevant references and designs 3. Making thumbnails, tight network, final design 4. Do media and design validation for some experts to get input 5. Make revisions and some discussions based on input from expert validators 6. Making the final design 7. Testing data and design of the target audience, namely teenagers The results of this study which show an attractive design in the planning of ATM cards is designed to attract potential customers to increase wholeness. This can be seen from several aspects of the questions asked to respondents. The respondents showed a positive response. The results of data processing showed that of the 64 respondents representing adolescents aged 17 years and over in the school population, with a percentage of 81.2% of the total population could be considered interested and would successfully become potential investors.
Keywords: Design, Automated Teller Machine (ATM), Interest, Teenagers