Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan pendekatan STEAM untuk meningkatkan perkembangan bahasa dan kognitif pada anak kelompok B TK Al Muslim Kecamatan Waru Sidoarjo. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancanangan eksperimen. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Al Muslim Kecamatan Waru Sidoarjo dengan kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas B2 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dengan instrumen lembar wawancara lisan terkait perkembangan bahasa dan lembar observasi perkembanagn kognitif. Data penelitian dianalisis secara statistik melalui teknik uji t. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menujukkan bahwa: 1) pendekatan STEAM efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak Kelompok B TK Al Muslim Kecamatan Waru Sidoarjo; 2) pendekatan STEAM efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak Kelompok B TK Al Muslim Kecamatan Waru Sidoarjo. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi guru disarankan dapat menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran karena dapat menarik minat dan antusias anak dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, pendekatan STEAM dapat menjadi solusi dalam meningkatkan perkembangan bahasa dan kognitif anak pada kelompok B Taman Kanak-Kanak
Kata Kunci: Pendekatan STEAM, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif
The purpose of this study was to test the effectiveness of the STEAM approach to improve language and cognitive development in group B children at Al Muslim Kindergarten, Waru Sidoarjo District. The research was carried out through a quantitative approach with an experimental design. The experimental design used is a nonequivalent control group design. The subjects of the study were group B children of Al Muslim Kindergarten, Waru Sidoarjo District, with class B1 as the experimental group and class B2 as the control group. The research data were collected through observation techniques with oral interview sheet instruments related to language development and cognitive development observation sheets. The research data were analyzed statistically through the t test technique. Hypothesis testing uses a significance level of 5%. The results of data analysis show that: 1) the STEAM approach is effectively used in learning to improve language development in children in Group B of Al Muslim Kindergarten, Waru Sidoarjo District; 2) the STEAM approach is effectively used in learning to improve cognitive development in children in Group B of Al Muslim Kindergarten, Waru Sidoarjo District. The implication of this research is that teachers are advised to use the STEAM approach in learning because it can attract children's interest and enthusiasm in participating in the learning process. In addition, the STEAM approach can be a solution in improving the language and cognitive development of children in group B Kindergarten.
Keywords: STEAM approach, language development, cognitive development