Kemampuan berpikir kritis erat kaitannya dengan kemampuan berpikir kognitif tingkat tinggi seperti menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu diterapkan pada pada proses pembelajaran pada materi perubahan lingkungan. Proses pembelajaran akan lebih menyenangkan jika menggunakan sumber belajar yang menarik. Salah satunya dengan menggunakan e-Book interaktif tipe flipbook untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan e-Book interaktif tipe flipbook pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektifitasnya. Desain pengembangan yang digunakan adalah 4D pendefinisian (Define), perancangan (Desain), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate) tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan yakni lembar validasi, lembar observasi peserta didik, lembar keterbacaan, lembar angket respons peserta didik, dan lembar tes. Pada penelitian ini menggunakan analisis data yaitu statistika deskriptif. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas X IPA 3 MAN 1 Lamongan menunjukkan e-Book interaktif tipe flipbook pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat layak dengan kelayakan 96.15%, keterlaksanaan aktivitas peserta didik 95%, keterbacaan e-Book interaktif tipe flipbook pada level 10, respons peserta didik 96.6%, ketuntasan pembelajaran 84%, dan ketuntasan indikator pembelajaran 83.6%.
Kata kunci: berpikir kritis, e-Book interaktif tipe flipbook, perubahan lingkungan.
Critical Thinking skill relate to high order cognitive thinking skill as an analysis, synthesize, and evaluate. Critical thinking is an important skill in life so need to be applied to the learning process of the environmental change material. Learning process will be fun using this learning resources. One of them using flipbook type interactive e-Book for training critical thinking skill in learning process. The purpose of research is produce a flipbook type interactive e-Book in environment change for training critical thinking skill on high school students grade 10th that was decent in aspect of validity, practicality, and evaluation. The development design used was 4D, the stage is defining, designing, developing, and disseminating, but in this research without disseminating stage. The instrument used were validation sheets, students observation activity sheets, readability sheets, students response questionnaire sheets, and test. Data analysis in this study used descriptive statistical carried out by describing the data obtained. The result of the limitedtrial to 20 X IPA 3 students in Islamic state senior high school of Lamongan showing flipbook type interactive e-Book in environment change for training critical thinking skill on high school students grade 10th very feasible with 96.15% feasibility, students activities implemented 95%, 10 level readability, 96.6% students positive response, 84% students learning outcomes, and 83.6% completeness of the learning indicator.
Key word : critical thinking, flipbook type interactive e-Book, environmental change.