Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan alat peraga tangki riak sebagai media pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik untuk melatihkan ketrampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada uji coba menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design dengan menggunakan tiga kelas eksperimen. Kelayakan alat peraga ditinjau dari aspek validitas mendapatkan hasil penilaian validator sebesar 83% dengan interpretasi sangat valid. Kelayakan dari aspek darionilai pengetahuan ditinjaau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik di tiga kelas secara berturut-turut adalah 97,06%, 93,94%, dan 100% dengan interpretasi sangat baik. Kelayakan alat peraga dari aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran yakni sebesar 93% dan ditinjau dari respon peserta didik di tiga kelas yang mendapatkan respon positif sebesar 89,25%, 90%, dan 92% dengan interpretasi sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa alat peraga tangki riak sebagai media pembelajaran pada materi gelombang mekanik untuk melatihkan ketrampilan proses sains yang telah dikembangkan ini telah layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran fisika.
Kata Kunci: pengembangan alat peraga, media pembelajaran, tangki riak.
This study aims to identify the appropriateness of the ripple tank as learning media in terms of the validity, effectiveness, and practicality to teach mechanical wave materials to train science process skills. The study applied the ADDIE model development design. The stages of the development covered analysis, design, development, implementation, and evaluation. It used one group pre-test post-test design involving three experimental classes for the tryout. Based on the result of the validator's assessment, the validity of the teaching media reaches 83% or it can be said ‘very valid’. The effectiveness of the teaching media based on the students’ achievement was 97,06%, 93,94%, and 100% for each class or considered ‘very good’. In terms of practicality viewed from the implementation, it reached 93% and based on the students’ responses, the positive responses reached 89,25%, 90%, and 92% of each meaning that the teaching media are very practical. It can be concluded that the developed ripple tank media to support the teaching of mechanical wave materials to train the science process skills have been appropriate to support physics learning activities.
Keywords: development of teaching media, learning media, ripple tank.