Keefektifan Media Kartu Kata Bergambar Berbasis Heyzine dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar
The Effectiveness of Heyzine-Based Picture Word Card Media in Learning Beginning Reading in Grade 1 Elementary Schools
Media kartu kata bergambar adalah media pembelajaran dalam bemtuk kartu yang didalamnya terdapat gambar, teks, atau simbol lainya yang dapat dijadikan sebagai media yang dapat membantu peserta didik mengingat gambar dan kata yang dilihat. Saat ini dalam dunia pendidikan, berbagai macam teknologi digital sudah seharusnya diterapkan di dalam pembelajaran. Oleh karena itu media kartu kata bergambar pada penelitian ini dikemas menjadi satu secara digital dalam aplikasi heyzine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pmedia kartu kata bergambar berbasis heyzine terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan rancangan penelitian posttest-only control design group. Hasil penelitian menunjukkan terdapat keefektifan penggunaan media kartu kata bergambar berbasis heyzine terhadap kemampuan membaca permulaan kelompok eksperimen.
Kata Kunci: Keefektifan, media kartu kata bergambar, heyzine, membaca permulaan
Picture word card media is a learning media in a number of cards in which there are images, text, or other symbols that can be used as media that can help students remember the images and words seen. Currently in the world of education, various kinds of digital technology should be applied in learning. Therefore, the picture word card media in this study is packaged into one digitally in the heyzine application. This study aims to determine the effectiveness of heyzine-based picture word card media on the initial reading ability of grade 1 students. This research is a type of experimental research with a quantitative approach using a posttest-only control design group research design. The results showed that there was an effectiveness of using heyzine-based picture word card media on the initial reading ability of the experimental group.
Keywords: effectiveness, picture word card media, heyzine, reading beginnings