PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA VARIAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI SEKOLAH PENGGERAK
THE EFFECT OF STUDENTS LEARNING STYLES AND PERCEPTIONS OF THE TEACHERS TEACHING STLYLES VARIANS ON NATIONAL INCOME MATERIALS IN SEKOLAH PENGGERAK
ABSTRAK
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA MENGENAI VARIAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI SEKOLAH PENGGERAK
Nama : Achmad Adi Kurniawan
NIM : 19080554007
Program Studi : S1 - Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Eka Hendi Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.
Berdasarkan observasi awal peneliti di SMA Negeri 1 Menganti menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam hasil belajar ekonomi materi pendapatan nasional pada kelas XI. Informasi tersebut dapat dilihat pada nilai TP 2 materi pendapatan nasional beberapa siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), di mana terdapat nilai minimalnya adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara bersama-sama antara gaya belajar kinestetik dan persepsi siswa mengenai varian gaya mengajar guru interaksional terhadap terhadap hasil belajar peserta didik materi pendapatan nasional di sekolah penggerak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 144 siswa dengan metode kuantitatif eksplanatif dan menggunakan uji, hipotesis, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh koefisien determinasi (R-squared) sebesar 0,94 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gabungan pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y adalah sebesar 94%, sedangkan 6% disebabkan oleh pengaruh variabel lain. Dengan demikian diharapkan bagi sekolah untuk memperhatikan gaya belajar setiap siswa dan mengadakan pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuan variasi mengajar guru supaya hasil belajar peserta didik optimal.
Kata Kunci: Gaya Belajar kinestetik, Varian Gaya Mengajar Guru interaksional. Hasil belajar, Pendapatan Nasional, Sekolah Penggerak.
ABSTRACT
THE EFFECT OF STUDENTS LEARNING STYLES AND PERCEPTIONS OF THE TEACHERS TEACHING STYLES VARIANTS ON NATIONAL INCOME MATERIALS IN SEKOLAH PENGGERAK
Name : Achmad Adi Kurniawan
Student ID Number : 19080554007
Study Program : S-1 Pendidikan Ekonomi
Faculty : Ekonomika dan Bisnis
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Eka Hendi Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.
Based on the initial observations of researchers at SMA Negeri 1 Menganti, it shows that there are problems in the learning outcomes of national income material economics in class XI. This information can be seen in the values of TP 2 in the national income material for some students who score below the Minimum Completeness Criteria (KKM), where there is a minimum score of 75. This study aims to analyze the joint effect of learning styles kinestetik and students' perceptions of variance of the teacher's teaching style interaksional on the learning outcomes of students on national income material in driving schools. The sample used in this study were 144 students using explanatory quantitative methods and using tests, hypotheses, classical assumptions, multiple linear regression analysis. Based on the results of data processing, the coefficient of determination (R-squared) is 0.94. Thus, it can be concluded that the combined influence of variables X1 and X2 on variable Y is 94%, while 6% is caused by the influence of other variables. Thus it is expected that schools will pay attention to each student's learning style and conduct teacher training to improve the ability of teachers to teach variations so that student learning outcomes are optimal.
Keywords: learning style kinestetik, studens perceptions of variations in teacher teaching styles interaksional, and sekolah penggerak.