Kalender auf Deutsch Sebagai Media Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Baahasa Jerman
Kalender auf Deutsch as Independent Learning Media in Improving German Writing Skills
Keterampilan menulis adalah kompetensi inti yang berkonsentrasi pada kemampuan siswa dalam menyusunidan menghasilkan teks tulis yang sederhana agar dapat menyampaikan informasi sesuai dengan topikiiyang dipelajariiidengan memperhatikaniiunsur kebahasaan yang terkandung dalam teks sesuai dengan konteks penggunaannya. Salah satu faktor yang mengakibatkan kesulitan pada keterampilan menulis salah satunya adalah kurangnya penggunaan kosa kata siswa. Dari hasil observasi pada PLP di SMAN 1iiSurabaya temuaniilapangan yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas X masihikurang terampilidalamiimenuliskan kata atau kalimatiidalamibahasaiiJerman terutama pada materi tanggal (Datum) dikarenakan kurangnya pemakaian kosakata yang rutin dan berkesinambungan serta mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu Kalender auf Deutsch dibuat sebagai mediaiipembelajaran yangiidapat digunakaniisiswaisecara mandiri untukiimeningkatkan kosakata keterampilan menulis tanggal (Datum) yang terdapat pada materi kelas X Semester 1. Rumusaniimasalah pada penelitian iniiiadalahiibagaimanakah pengembangan Kalender auf Deutsch sebagaiiimedia belajar mandiri dalamiimeningkatkan keterampilaniimenulis bahasa jermaniipadaiisiswa kelas X?. Tujuan penelitianiiadalah untuk mengembangkaniidaniimengetahui iikelayakan media Kalender auf Deutsch dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa jerman pada siswa kelas X. Metode yang digunakan adalah pengembanganiimodel ADDIE dan dilakukaniisampai pada tahap Developmentii(pengembangan). Sedangkan pengumpulan data bersumber dariiilembar validasiiioleh ahli materiiidan ahli media. Dari hasil lembariivalidasi mediaiimemperoleh persentaseiisebesar 94% sedangkan hasiliilembar validasiiimateri memperolehiipersentase sebesar 85% yang berarti mendapatkaniikategoriiisangat baik daniilayak digunakan.
Writing skill is a core competence that concentrates on students' ability to compose and produce simple written texts iniorder to beiable to convey information according toithe topic being studied by paying attention to the linguistic elements contained in the text according to the context of its use. One of the factors that causes difficulties in writing skills is the lack of use of student vocabulary. From the results of observations on PLP at SMAN 1 Surabaya, the field findings showed that class X students were still lacking in skills in writing words or sentences in German, especially in date material (Datum) due to a lack of regular and continuous use of vocabulary and implementing it in daily activities. day. Therefore the auf Deutsch Calendar was created as a learning medium that students can use independently to increase the vocabulary for writing date (Datum) skills contained in class X Semester 1 material. The formulationiiof the problemiiin this researchiiis howiito developiithe auf Deutsch Calendar as an independent learning medium in improve German writing skills in class X students?. The aimiiof the researchiwas to developiand find out the feasibility of the Auf Deutsch Calendar media in improving German writing skills in class X students. The method used was the development of the ADDIE model and carried out until the Development stage. While data collection comes from validation sheets byiimaterialiiexperts and mediaiexperts. iFrom theiiresults of the media validation sheet, a percentage of 94% was obtained, while the material validation sheet obtained a percentage of 85%, which means that it is in a very good category and is suitable for use.