Pengembangan Komik Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Di Kelas VII SMP
The Development of Android-Based Comic To Improve The Geometric Thinking Skills of Students In The Seventh Grade of Junior High School
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan komik berbasis Android dengan kualitas baik dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir geometris setelah belajar menggunakan media pembelajaran komik tersebut. Proses pengembangan komik ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall, namun tahapan yang dilakukan hanya 7 dari 10 yaitu: analisis kebutuhan; perencanaan dan desain produk; mengembangkan produk; pengujian awal; revisi produk; pengujian utama; revisi dan penerapan produk akhir. Hasil dari penelitian ini adalah komik digital yang dapat dijalankan di smartphone berbasis Android. Pada penelitian ini materi pembelajaran segiempat disajikan dalam bentuk komik yang diikuti dengan latihan soal. Media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan berkualitas baik karena memenuhi unsur kevalidan menurut uji validitas yang dilakukan oleh pakar, kepraktisan menurut kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan keefektifan menurut hasil ketuntasan belajar secara klasikal di atas 80% serta media pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir geometris secara klasikal sebesar 92%.
Kata-kata Kunci: Komik, Android, Berpikir Geometris.
This research was conducted to develop a good quality Android-based comic and describe improved geometric thinking skills after learn by using the comic learning media. The comic development process uses Borg and Gall development models in 7 of 10 stages i.e. the analysis of the needs; product planning and design; develop products; initial testing; product revision; primary testing; revision and application of the final product. The result of this research is a digital comic that can be run on Android-based smartphones. In this study, rectangular learning materials were presented in the comic followed by exercises. The developed learning media is stated good quality because it is valid according to the validity test conducted by experts, practical according to the teacher's ability to manage learning and effective according to the results of classical learning completed above 80% and this learning media can increase geometric thinking skills classically by 92%.
Keywords: Comics, Android, Geometric Thinking.