Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh media pembelajaran CBT berbantuan software Phet terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal pada taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya, (2) menguji pengaruh tingkat berpikir kreatif terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal pada taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya, (3) menguji interaksi antara media pembelajaran dengan tingkat berpikir kreatif terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal pada taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Subjek penelitian adalah Taruna Program Studi Teknika pada semester 2 di Politeknik Pelayaran Surabaya. Sampel penelitian terdiri dari Kelas Teknika A dan B yang berjumlah 48 siswa sebagai kelompok eksperimen media pembelajaran Computer Based Training berbantuan Software Phet dan Kelas ETO A dan B yang berjumlah 48 siswa sebagai kelompok kontrol pembelajaran tanpa menggunakan CBT. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk esai. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05.
Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran CBT berbantuan software Phet terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal pada taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya (Fhitung = 6,320 dengan taraf signifikansi 0,014), (2) ada pengaruh yang signifikan tingkat berpikir kreatif terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal pada taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya (Fhitung = 21.071 dengan taraf signifikansi 0,000), (3) ada interaksi antara media pembelajaran dan tingkat berpikir kreatif taruna terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal pada taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya (Fhitung = 6,127 dengan taraf signifikan 0,015).
This study aims to (1) test the effect of Computer Based Training learning media assisted by Phet software on learning outcomes of ship’s electrical system in cadets at Politeknik Pelayaran Surabaya, (2) test the effect of the level of creative thinking on learning outcomes of ship’s electrical system in cadets at Politeknik Pelayaran Surabaya, (3) test the interaction between learning media and the level of creative thinking on the learning outcomes of the ship's electrical system in cadets at Politeknik Pelayaran Surabaya.
This study uses a 2 x 2 factorial design. The research subjects were the Technical Study Program Cadets in semester 2 at the Politeknik Pelayaran Surabaya. The research sample consisted of Technical Class A and B which amounted to 48 students as an experimental group of Computer Based Training learning media assisted by Phet software and ETO A and B which amounted to 48 students as a learning control group without using CBT. Data on learning outcomes are collected by testing learning outcomes in the form of essays. The collected data is then processed with statistics using a two-way analysis of variance (ANOVA) using a significance level of 0.05.
The data from this study indicate that: (1) there is a significant effect of CBT learning media assisted by Phet software on the learning outcomes of ship’s electrical system in cadets at Politeknik Pelayaran Surabaya (Fcount = 6.320 with a significance level of 0.014), (2) there is a significant effect on the level of creative thinking on the learning outcomes of the ship's electrical system in cadets at Politeknik Pelayaran Surabaya (Fcount = 21,071 with a significance level of 0,000), (3) there is an interaction between learning media and the level of creative thinking on the learning outcomes of ship’s electrical system in cadets at Politeknik Pelayaran Surabaya ( Fcount = 6.127 with a significance level of 0.015).