Selama ini para dosen pengajar mata kuliah Teknik Merancang selalu mengajar menggunakan persepsi dan konsep masing-masing, antar dosen satu dengan yang lain memiliki otuput dan target standar yang tidak sama, serta buku-buku yang sering digunakan pada pembahasan tentang daya, teori yang ada belum pernah dihadapkan dengan kasus di lapangan mahasiswa hanya disajikan teori-teori dan rumus-rumus saja yang monoton tidak dikaitkannya dengan kasus di lapangan, sehingga membuat mahasiswa kurang menguasai dalam pemilihan dan penyusunan roda gigi, tidak disajikan bagaimana cara memilih roda gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan ada di pasaran. Merujuk dari permasalahan tersebut peneliti membuat media pembelajaran berupa bahan ajar yang berjudul “Modul Ajar Perencanaan Elemen Mesin Pokok Bahasan Pemilihan Susunan Transmisi Roda Gigi dan Jenisnya pada Mata Kuliah Teknik Merancang” sebagai penunjang agar proses pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) penetapan (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), dan (4) penyebaran (Disseminate). Subyek penilitian yaitu mahahsiswa D3 Teknik Mesin yang mengikuti mata kuliah Teknik Merancang. Instrument penelitian digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar angket validasi modul dan lembar angket respon mahasiswa. Hasil dari penelitian yaitu telah berhasil dikembangkan modul pembelajaran Teknik Merancang dengan pembahasan Perencanaan Elemen Mesin Pemilihan Susunan Transmisi Roda Gigi dan Jenisnya yang sangat layak menggunakan pengembangan 4D Models, respon mahasiswa setelah menggunakan modul pengembangan mendapatkan respon sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan dalam perkuliahan Teknik Merancang.
Kata kunci: Modul, Model Pengembangan 4-D, Validasi Modul, dan Respon Mahasiswa
As long as the lecturers of Engineering Designing courses always use their own perceptions and concepts, between lecturers with one another have otuput and target standards that are not the same, and books that are used to discuss resources, theories that have never been faced with students in the field only presented theories and formulas - monotone did not win with cases in the field, making students less gathered in the selection and gathering of gears, it was not discussed how to choose gears that fit their needs and on the market. Referring to the discussion, the learning media consists of teaching materials entitled "Module Teaching Machine Element Planning for the Subject of Selection of Transmission Gears and Types in the Designing Engineering Course" as a support so that the learning process is more effective. This study uses a 4-D development model (four models D) which consists of 4 stages: (1) determination (Determine), (2) design (Design), (3) development (Development), and (4) development (Spread). The research subjects were D3 Mechanical Engineering students who took the Designing Engineering course. The research instrument was used to collect data in the form of module validation questionnaire sheets and student response questionnaire sheets. The results of the research are that they have successfully developed the Engineering Learning Module Designing with the discussion of Machine Element Planning The selection of Transmission Arrangements and their types which are very feasible using the 4D Model development, student responses after using the development module get a very good response. Based on these results it can be concluded that the teaching module developed is very feasible and can be used in the lecturing of Designing Techniques.
Keywords: Modules, 4-D Development Model, Validation Module, and Student Response.