Pengaruh Online Consumer Review dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik
Effects of Online Consumer Reviews and Halal Labels on Cosmetics Purchasing Decisions
Tren kosmetik saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer bagi wanita. Tren ini sejalan dengan semakin bertambahnya perusahaan kosmetik di Indonesia yang dipicu oleh meningkatnya tren kebutuhan masyarakat terhadap produk kecantikan dan perawatan tubuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh online consumer review dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden yang merupakan perempuan pengguna kosmetik domisili Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Analisis ata menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan), dan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari variabel online consumer review terhadap keputusan pembelian kosmetik; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari variabel label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik; (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel online consumer review dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik. Pengaruh secara simultan dari variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y yaitu sebesar 50,2% dimana sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Cosmetic trends are now one of the primary needs of women. This trend is in line with the increasing number of cosmetics companies in Indonesia triggered by the increasing trend of people's needs for beauty and body care products. The purpose of this study was to determine how the influence of online consumer reviews and halal labels on cosmetic purchasing decisions. This research is a quantitative study with a total sample of 120 respondents who are women who use cosmetics domiciled in Surabaya. Data collection methods in this study used a questionnaire method. Data analysis used multiple linear regression analysis, t test (partial test), F test (simultaneous test), and coefficient of determination test (R2 test). The results of this study indicate that: (1) there is a positive and partially significant effect of the online consumer review variable on cosmetic purchasing decisions; (2) there is a positive and partially significant effect of the halal label variable on cosmetic purchasing decisions; (3) there is a significant simultaneous effect of online consumer review variables and halal labels on cosmetic purchasing decisions. The simultaneous influence of the variables X1 and X2 on the Y variable is 50.2% where the remaining 49.8% is influenced by other variables outside the study.