Efektifitas Ketrampilan Menulis Bahasa Jerman Berbasis Daring di SMAN1 Tarik Kelas X
Effectiveness of online based German writing skills at SMAN 1 Tarik class X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik untuk ketrampilan menulis bahasa Jerman dengan menggunakan metode pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tarik kelas X IBB dengan jumlah 32 peserta didik. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif deskriptif yang hasil data dari penelitian ini berbentuk nilai dan jawaban angket yang sudah diberikan kepada peserta didik kemudian dideskripsikan. Instrumen dari penelitian ini menggunakan dua metode yaitu angket dan tes soal dengan tema Kennenlernen. Angket ini akan dibagikan melalui Google Form sedangkan tes soal akan dibagikan melalui Google Classroom. Data dari jawaban tes dan angket ini kemudian dianalisa menggunakan rumus nilai KKM dan skala likert. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk melakukan pengajaran dengan metode daring serta mengujikan tes soal dan menghasilkan data dari semua jumlah peserta didik 69% peserta didik mendapat nilai diatas nilai KKM yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah sedangkan 31% peserta didik tidak mengerjakan tes soal yang diberikan. Pertemuan kedua digunakan untuk membagikan angket kepada peserta didik dengan menghasilkan data 65,3% peserta didik menjawab sangat setuju, 25,4% menjawab setuju, 6,9% menjawab ragu, 1,4% peserta didik menjawab tidak setuju dan 0,9% peserta didik menjawab sangat tidak setuju terkait pembelajaran menggunakan metode daring. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran ketrampilan menulis bahasa Jerman dengan menggunakan metode daring di SMAN 1 Tarik dapat dikatakan efektif baik dilihat dari segi hasil belajar maupun respon siswa. Namun dalam prakteknya tetap saja memiliki beberapa kendala seperti kurang responsifnya peserta didik terhadap pembelajaran daring bahasa Jerman.
Kata Kunci: Efektifitas, Ketrampilan Menulis, Pembelajaran Daring.
Abstract
This study aims to determine the level of understanding of students for German writing skills using online learning methods. This research was conducted at SMAN 1 Tarik, class X IBB, with a total of 32 students. This research is included in descriptive quantitative research where the results of the data from this study are in the form of values and answers to questionnaires that have been given to students and then described. The instrument of this study used two methods, namely questionnaires and test questions with the Kennenlernen theme. This questionnaire will be distributed via Google Form while the test questions will be distributed via Google Classroom. The data from the test and questionnaire answers were then analyzed using the KKM value formula and the Likert scale. This research was conducted in two meetings. The first meeting was used to conduct teaching with the online method as well as to test test questions and to produce data from all the number of students. 69% of students scored above the KKM score set by the school while 31% of students did not take the test questions given. The second meeting was used to distribute questionnaires to students by producing data. 65.3% of students answered strongly agree, 25.4% answered agree, 6.9% answered doubt, 1.4% of students answered disagree and 0.9% students answered strongly disagree regarding learning using online methods. Based on the results of the study, it can be concluded that learning German writing skills using the online method at SMAN 1 Tarik can be said to be effective both in terms of learning outcomes and student responses. However, in practice, it still has several obstacles, such as the lack of responsiveness of students to German online learning.
Keywords: Effectiveness, Writing Skills, Online Learning.