Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari alternatif biaya desain untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku berdasarkan metode Bina Marga 2017. Dalam pembangunan suatu sarana transportasi memerlukan biaya yang tidak sedikit dan metode pelaksanaan yang tepat. Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan kontruksi jalan dan perencanaan pekerjaan jalan yang optimal dan memenuhi syarat teknis menurut fungsi, volume maupun sifat lalu lintas sehingga pembangunan kontruksi tersebut dapat berguna maksimal bagi perkembangan daerah sekitarnya. Perencanaan konstruksi jalan raya perlu mempertimbangkan beberapa faktor yaitu seperti jenis beban kendaraan yang melintas, jenis perkerasan, tebal perkerasan, daya dukung tanah dasar, umur rencana, nilai Equivalent Standart Axle (ESA), Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga (JSKN), dengan nilai ESA dan JSKN yang berbeda maka akan menghasilkan biaya yang berbeda setiap model desain yang direncanakan. Berdasarkan Pemodelan biaya desain dari perkerasan lentur dan perkerasan kaku menghasilkan tiga persamaan, yaitu persamaan regresi linier, persamaan logaritma dan persamaan polinomial. Dari proses ketiga persamaan menghasilkan R2 terbesar yang dihasilkan persamaan logaritma yaitu sebesar 0.96 untuk perkerasan lentur dan 0.95 untuk perkerasan kaku. Masing-masing model desain Y= 20.144,91ln(x)-140.711,34 perkerasan lentur dengan model biaya sebesar Rp 199.582,90. Sedangkan untuk perkerasan kaku model desain y= 21.124,47ln (x)+284.710,61 dengan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 656.300,00.
Kata Kunci: Bina Marga 2017, Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Pemodelan Biaya.
The purpose of this research is to know the result of design cost alternative to flexible pavement and rigid pavement based on the bina marga 2017. In the construction of a means of transportation requires no small cost and appropriate implementation methods. Therefore, the required road construction planning and road works planning is optimal and meets technical requirements according to function, volume and nature of traffic so that the construction of the construction can be of maximum use for the development of the surrounding area. Road construction planning needs to consider several factors such as the type of vehicle load that passes, the type of pavement, pavement thickness, bearing capacity of the subgrade, the age of the plan, the value of the Equivalent Standard Axle (ESA), Number Of Axes Of Commercial Vehicles(JSKN), the ESA value and Different JSKN will result in different costs for each planned design model. Based on design costs modeling of flexible pavement and rigid pavement have three equation that is equation regression linear, equation logarithm, and equation polynomial. The results of the third process of the equation produce the largest R2 produced logarithmic equations that is equal to 0.96 for flexible pavement and 0.95 for rigid pavement. Each design model Y= 20.144,91ln(x)-140.711,34 flexible pavement with a cost model of Rp Rp 199.582,90, while for rigid pavement produces a model y=21.124,47ln(x)+284.710,61 at a cost of Rp 656.300,00.
KeyWords: Bina Marga 2017, Flexible Pavement, Rigid Pavement. Cost Modeling.