ABSTRAK
Implementasi Program Sehat Dengan Layanan Welas Asih (SELASIH) (Studi Pada Ruang Rawat Inap RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro)
Nama : Suci Nurul Allifah
NIM : 15040674063
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Indah Prabawati, S.Sos., M.Si
RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro membuat inovasi pelayanan di bidang kesehatan yaitu melalui Program Sehat Dengan Layanan Welas Asih (SELASIH). Ini merupakan sebuah program inovasi peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit yang memberikan pelayanan kepada masyarakat berlandaskan kasih sayang terhadap sesama dan pelayanan yang tulus ikhlas untuk meringankan penderitaan orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi Program SELASIH di RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori implementasi kebijakan menurut Edward dalam Agustino (2008:149) yang terdiri dari komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2015:246) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RSUD Bojonegoro telah memenuhi indikator komunikasi dengan baik, penyebaran informasi tentang Program SELASIH telah dilakukan kepada pegawai dan masyarakat baik di dalam lingkup rumah sakit maupun di luar. Kejelasan informasi program telah dipenuhi melalui dua metode pemaparan yaitu secara langsung dan tidak langsung. Selain itu informasi yang disampaikan juga konsisten dari awal pembuatan program hingga saat ini. Indikator sumberdaya telah dipenuhi namun masih terdapat kendala, ditunjukkan melalui kualitas sumberdaya yang baik meskipun jumlah perawatnya kurang. Ketersediaan informasi tentang pelaksanaan Program SELASIH dipenuhi melalui berbagai diklat untuk pegawai diantaranya diklat komunikasi efektif, pelayanan prima dan tata cara menegur pasien. Selanjutnya yaitu indikator wewenang, setiap kepala ruangan memiki wewenang untuk memerintahkan pegawai agar ikut melaksanakan Program SELASIH dan memberikan arahan kepada pengunjung rumah sakit agar mematuhi gerakan yang telah ditetapkan. Wewenang yang dimiliki efektif untuk menjalankan program karena wewenang tersebut bersifat formal. Setiap instruksi yang diberikan oleh pegawai juga ditaati oleh pengunjung rumah sakit, meskipun harus lebih sabar dalam menjelakannya. Indikator selanjutnya mengenai fasilitas semua telah terpenuhi, meskipun masih ditemui beberapa kendala. Kemudian indikator disposisi atau sikap pegawai terkait komitmen dalam melaksanakan program. Pegawai memiliki komitmen yang baik dalam memberikan pelayanan karena semua pegawai telah mendapatkan diklat khusus untuk merubah mind set pegawai agar memberiakan pelayanan secara maksimal dengan berlandaskan kasih sayang. Indikator terakhir yaitu struktur birokrasi, pelaksanaan Program SELASIH telah terkoordinasi dengan baik antar bagian dibawah pimpinan wadir pelayanan dan wadir bidang administrasi.
Kata Kunci :Implementasi, Program SELASIH
ABSTRACT
Healt Program Implementation With Asih Clean Service (SELASIH) (Studi In Innaped Room of RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro)
Name : Suc Nurul Allifah
Study Program : S1 State Administration Science
Department : Public Administration
Faculty : Social and Legal Sciences
Institution Name : Surabaya State University
Advisor : Indah Prabawati, S.Sos., M.Si
RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro made service innovations in the health sector, namely through the Healthy Program with Compassionate Services (SELASIH). This is an innovation program to improve the quality of services in hospitals that provide services to the community based on compassion for others and sincere service to alleviate the suffering of others. The purpose of this study is to describe the implementation of the SELF Program in Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.
The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The focus of research uses the theory of policy implementation according to Edward in Agustino (2008: 149) which consists of communication, resources, disposition and bureaucratic structure. Data collection techniques through interview techniques, observation and documentation were analyzed using data analysis techniques according to Miles and Huberman in Sugiyono (2015: 246) which included data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results of this study indicate that the Bojonegoro General Hospital has met the communication indicators well, the dissemination of information about the SELASIH Program has been carried out to employees and the community both within the hospital and outside. Clarity of program information has been fulfilled through two methods of exposure, namely directly and indirectly. In addition, the information conveyed is also consistent from the beginning of the program to the present. Resource indicators have been met but there are still obstacles, indicated by good quality of resources even though the number of nurses is lacking. The availability of information about the implementation of the SELASIH Program is fulfilled through various training programs for employees, including effective communication training, excellent service and procedures for reprimanding patients. Next is the authority, each head of the room has the authority to order employees to participate in implementing the SELASIH Program and provide direction to hospital visitors to comply with the prescribed movements. Effective authority to run the program because the authority is formal. Every instruction given by empoyess is also adhered to by hospital visitors, even though they must be more patient in explaining it. The next indicator of all facilities has been fulfilled, although there are still some obstacles. Then the indicator of disposition or attitude of employees related to commitment in implementing the program. Employees have a good commitment in providing services because all employees have received special training to change employee mind sets. The last indicator is the structure of the bureaucracy, the implementation of the SELASIH Program has been well coordinated between the sections under the leadership of the ministry and the administration.
Keywords : Implementation, Program SELASIH