Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Open Ended Materi Segitiga Berbantuan Geogebra
Student Reflective Thinking in Solving Open Ended Problems Triangle Material Assisted with Geogebra
Berpikir reflektif memfasilitasi siswa mengembangkan pemecahan masalah. Jenis masalah yang berkaitan dengan berpikir reflektif yaitu masalah open ended. Geogebra juga dapat memfasilitasi pemecahan masalah. Berpikir reflektif berperan dalam menyusun strategi pemecahan masalah dan Geogebra sebagai alat eksplorasinya. Salah satu submateri yang berkaitan dengan berpikir reflektif dan Geogebra yaitu segitiga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah open ended materi segitiga berbantuan Geogebra. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa kelas VII SMP Negeri di Jombang tahun pelajaran 2022/2023 yang menjawab tes dengan benar dan memiliki eksplorasi Geogebra menarik. Subjek penelitian meliputi siswa dengan solusi berupa segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul. Data dianalisis menggunakan tahapan berpikir reflektif dalam pemecahan masalah yang diadaptasi dari Dewey.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap interpretasi spontan terhadap masalah berdasarkan pengalaman, ketika pertama kali membaca masalah yang diberikan, siswa merasa bingung, tertekan, lega, dan biasa saja. Siswa juga mengingat masalah serupa dalam hal konteks atau bentuk. Pada tahap menganalisis informasi dan pertanyaan yang muncul dari masalah, siswa mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan membaca masalah secara teliti atau menghubungkan informasi yang diketahui dan belum diketahui. Pada tahap menjelaskan masalah yang diajukan, siswa menghubungkan yang diketahui dan ditanyakan menggunakan konsep bangun datar yang dimiliki. Siswa menyatakan kecukupan informasi berdasarkan perhitungan tinggi segitiga. Siswa yang mengingat masalah dengan konteks serupa, menggunakan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah saat ini. Siswa menemukan konsep segitiga yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah. Siswa menemukan eksplorasi Geogebra yang dapat dilakukan dengan menjelajahi tools Geogebra. Alternatif strategi siswa dalam memecahkan masalah berkaitan dengan rumus menentukan tinggi segitiga, langkah pemecahan masalah, dan eksplorasi Geogebra. Pada tahap menemukan dan mengevaluasi strategi, siswa mencoba setiap alternatif strategi untuk menentukan yang paling efektif. Siswa mengungkapkan Geogebra hanya membantu menggambar segitiga. Hal ini menyebabkan tidak adanya eksplorasi yang ditujukan untuk menemukan strategi pemecahan masalah lebih kompleks. Pada tahap menguji strategi, siswa memecahkan masalah menggunakan strategi yang sudah ditentukan baik dari segi perhitungan maupun eskplorasi Geogebra serta menyatakan keyakinannya terhadap solusi yang diberikan.
Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Geogebra, Pemecahan Masalah
Reflective thinking facilitates students to develop problem solving. The types of problems related to reflective thinking are open ended problems. Geogebra can also facilitate troubleshooting. Reflective thinking plays a role in formulating problem-solving strategies and Geogebra as a tool for exploration. One of the sub-materials related to reflective thinking and Geogebra is triangles.
This research is a qualitative descriptive study that aims to describe students' reflective thinking in solving open ended problems with Geogebra-assisted triangle material. Data collection was carried out using tests, interviews, and documentation. The subjects of this study were 3 class VII students of State Middle School in Jombang for the 2022/2023 school year who answered the test correctly and had an interesting Geogebra exploration. The research subjects included students with solutions in the form of acute triangles, right triangles, and obtuse triangles. Data were analyzed using the stages of reflective thinking in problem solving adapted from Dewey.
The results of the study show that at the stage of spontaneous interpretation of problems based on experience, when reading the problems for the first time, students feel confused, depressed, relieved, and normal. Students also remember similar problems in terms of context or form. In the stage of analyzing the information and questions that arise from the problem, students identify information that is known and asked by reading the problem carefully or connecting known and unknown information. At the stage of explaining the problem posed, students connect what is known and asked using the flat shape concept they have. Students state the adequacy of information based on the calculation of the height of the triangle. Students who remember problems with similar contexts, use that knowledge to solve current problems. Students find the triangle concept that can be used in solving problems. Students find Geogebra exploration that can be done by exploring Geogebra tools. Alternative student strategies in solving problems related to the formula for determining the height of a triangle, problem solving steps, and Geogebra exploration. At the stage of finding and evaluating strategies, students try each alternative strategy to determine the most effective. Students said that Geogebra only helps to draw triangles. This causes no exploration aimed at finding more complex problem solving strategies. At the strategy testing stage, students solve problems using predetermined strategies both in terms of calculations and Geogebra exploration and express their confidence in the solutions provided.
Keywords: Geogebra, Problem Solving, Reflective Thinking