Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Trainer Mini PLC Berbasis Arduino yang layak digunakan dalam pembelajaran pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elekronik Kelas XII TEI di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Kelayakan media pembelajaran dinilai dari aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan uji One Shot Case Study. Uji coba Trainer Mini PLC beserta Jobsheet ini ditunjukkan kepada 20 siswa kelas XII TEI di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut :1) Aspek kevalidan digunakan lembar validasi trainer, jobsheet dan soal; 2) Aspek kepraktisan digunakan angket respons siswa; dan 3) Aspek keefektifan digunakan lembar penilain siswa dari hasil praktikum dan soal posttest yang telah divalidasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet yang dikembangkan layak digunakan. Tingkat kevalidan trainer sebesar 88,09 % (sangat valid) dan tingkat kevalidan jobsheet sebesar 86,11% (sangat valid). Dari analisis angket respon siswa didapatkan tingkat kepraktisan dengan persentase sebesar 89,74% (sangat praktis). Sedangkan tingkat efektifitas dianalisis dari rata-rata hasil belajar siswa yang telah melebihi (KKM=75) yaitu sebesar 86,83. Dari hasil analisis SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 16,750 dengan df=19 dan memperoleh signifikansi 0,000 yang membuktikan nilai hasil belajar sama atau melebihi KKM yang berarti trainer dan jobsheet efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Trainer Mini PLC Berbasis Arduino, Validitas, Kepraktisan, Efektifitas.
This study aims to produce learning media for Arduino-based Mini PLC Trainer that is suitable for use in learning on the Class XII TEI Electronic Control System Subjects at SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. The feasibility of learning media are assessed from the aspect of the validity, effectiveness and practicality.
The research method used is Research and Development (R&D) using the One Shot Case Study test. Trial of Mini PLC Trainers and Jobsheet is shown to the 20 students of class XII TEI at SMKN 1 Jetis Mojokerto. The research instruments used are as follows: 1) The validity aspect is used by trainer, jobsheet and questions validation sheets; 2) Practical aspects of using student response questionnaires; and 3) The effectiveness aspect is used by the student assessment sheet of the results of the practicum and validated posttest questions.
The results showed that the trainers and jobsheet developed were suitable for use. The trainer's validity rate is 88.09% (very valid) and the jobsheet is a validity level of 86.11% (very valid). From the analysis of student questionnaire responses obtained the practicality level with a percentage of 89.74% (very practical). While the level of effectiveness evaluated from the average student learning outcomes have increased (KKM = 75) that is equal to 86.83. From the results of the analysis, SPSS obtained a tcount of 16,750 with df = 19 and obtained a significance of 0,000 which proves the value of learning is equal or exceeds KKM which means that the trainer and jobsheet are effectively used in learning.
Keywords: Arduino Based Mini PLC Trainer, Validity, Practicality, Effectiveness.