PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PROGRAM “AYAH BUNDA BERKISAH” SEBAGAI KONTEN RADIO VISUAL SUARA MUSLIM SURABAYA
DESIGN OF MOTION GRAPHIC PROGRAM “AYAH BUNDA BERKISAH” AS VISUAL RADIO CONTENT SUARA MUSLIM SURABAYA
Seiring dengan pertumbuhan teknologi, media massa terus berkembang mengikuti kemajuan zaman. Media massa yang tidak mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi akan mulai tergeser dengan media massa lain. Salah satunya adalah radio. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen Consumer Media View di 11 kota di Indonesia hanya 37% masyarakat yang masih mengkonsumsi radio. Radio Suara Muslim merupakan salah satu radio di Surabaya yang terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah dengan membuat radio visual Suaramuslimtv. Salah satu program radio yang menarik adalah program “Ayah Bunda Berkisah”. Program ini memiliki target audiens anak-anak berusia 8-12 tahun. Namun berdasarkan survei Radio Suara Muslim pada tahun 2020, mayoritas pendengar Radio Suara Muslim berusia diatas 41 tahun. Oleh karena itu, untuk mendapatkan audiens yang sesuai, program ini akan disiarkan pada radio visual di channel youtube Suaramuslimtv. Namun, untuk mengangkat program radio ke youtube diperlukan visualisasi berupa video. Motion graphic merupakan video yang cocok untuk memvisualkan program "Ayah Bunda Berkisah" karena lebih efektif untuk menyampaikan pesan dalam cerita ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dan proses perancangan motion graphic “Ayah Bunda Berkisah”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Proses perancangan video motion graphic ini menggunakan metode design thinking. Adapun hasil dari perancangan ini adalah video motion graphic dengan durasi 6 menit 42 detik. Motion graphic yang dirancang merupakan visualisasi program pada satu episode saja. Motion graphic pertama ini akan dijadikan sebagai uji coba, dimana evaluasi dan saran dapat digunakan untuk merancang visual yang lebih baik pada episode selanjutnya.
Along with the growth of technology, the mass media continues to grow following the progress of the times. Mass media that are not able to adapt to technological advances will begin to be displaced by other mass media. One of them is radio. Based on the results of a survey by Nielsen Consumer Media View in 11 cities in Indonesia, only 37% of people still consume radio. Suara Muslim Radio is one of the radios in Surabaya that continues to adapt to the times, one of which is by making Suaramuslimtv visual radio. One of the interesting radio programs is “Ayah Bunda Berkisah”. However, this program has a target audience of 8-12 years old. This audience is different from radio listeners, the majority of whom are over 41 years old. Therefore, to get the right audience, this program will be broadcast on the Suaramuslimtv. To broadcast this program on YouTube, they need visualization in the form of a video. Motion graphic is a suitable video to visualize the program because it is effective in conveying the message in this story. This research aims to explain the concept and process of designing a motion graphic “Ayah Bunda Berkisah”. The method used in this research is qualitative method. The process of designing this motion graphic video uses the Design Thinking method. The result of this design is a motion graphic video with a duration of 6 minutes 42 seconds. The motion graphic designed is a visualization of the program only in one episode. This first motion graphic will be used as a trial, where evaluations and suggestions can be used to better design in the next episode.