Mengenalkan Wisata Religi Jombang Melalui Peta Wisata Berbasis Ilustrasi
Introducing Jombang Religious Tourism Through an Illustration-Based Tourism Map
Jombang merupakan Kabupaten yang memiliki image sebagai kota religi sesuai dengan slogannya “friendly and religious”. Salah satu ikon wisata religi yang ada di Jombang adalah Makam Gus Dur, selain itu Jombang juga memiliki wisata lain yang menarik untuk dikunjungi, namun keberadaan wisata religi Jombang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Peta wisata berbasis ilustrasi dirancang untuk membantu mempromosikan wisata religi dikalangan remaja. Dalam pembuatan media memiliki tujuan untuk meningkatkan minat masyarakat akan keberadaan wisata religi di Jombang. Strategi kreatif yang penulis lakukan dalam pembuatan media ini adalah dengan merancang peta ilustrasi bergaya modern flat design untuk wisata religi di Kota Jombang. Strategi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan pemerintahan Kabupaten Jombang yang ingin mengenalkan potensi kota Jombang sebagai kota wisata religi dan meningkatkan pengetahuan tentang wisata religi yang berada di Jombang. Metode yang digunakan dalam perancangan menggunakan metode design thinking milik Ford yang memiliki tahapan Emphatize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Hasil dari pembuatan peta wisata berbasis ilustrasi dan media pendukung lain akan menciptakan wisata religi Kota Jombang lebih dikenal oleh masyarakat di Jombang sendiri dan luar Kota Jombang.
Jombang is a district that has an image as a religious city according to its slogan "friendly and religious". One of the religious tourism icons in Jombang is Gus Dur's Tomb, besides that Jombang also has other interesting tours to visit, but the existence of Jombang religious tourism is still not widely known by the public. The illustration-based tourist map is designed to help promote religious tourism among youth. In making the media the aim is to increase public interest in the existence of religious tourism in Jombang. The creative strategy that the author uses in making this media is to design a modern flat design-style illustration map for religious tourism in the City of Jombang. This strategy is expected to be able to contribute to the achievement of the objectives of the Jombang Regency government which wants to introduce the potential of the city of Jombang as a city for religious tourism and increase knowledge about religious tourism in Jombang. The method used in the design uses Ford's design thinking method which has Emphatize, Define, Ideate, Prototype and Test stages. The results of making tourist maps based on illustrations and other supporting media will make Jombang City religious tourism better known by the people in Jombang itself and outside the City of Jombang.reate religious tourism in Jombang better known to the people in Jombang and outside of Jombang.