PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMA PADA MATERI INTI ATOM DAN RADIOAKTIVITAS
DEVELOPMENT OF SCIENTIFIC LITERACY BASED PHYSICS ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS ON ATOMIC NUCLEUS AND RADIOACTIVITY MATERIAL
Dalam proses pembelajaran abad 21 membutuhkan beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, salah satunya adalah keterampilan literasi sains. Literasi sains didefinisikan sebagai kemampuan untuk bertindak sebagai individu yang reflektif, dapat terlibat dengan masalah yang berkaitan dengan sains dan memberikan ide-ide ilmiah untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian fisika berbasis literasi sains untuk siswa SMA serta mengukur profil kemampuan literasi sains siswa pada materi inti atom dan radioaktivitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket validasi, angket respon siswa, metode wawancara, dan metode tes literasi sains. Data pada penelitian berupa validitas logis dan empiris instrumen penilaian, respon siswa, dan wawancara siswa. Penelitian ini diujicobakan kepada 35 mahasiswa tingkat pertama Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya dan diterapkan kepada 50 siswa kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 di SMA Negeri 1 Menganti. Hasil validitas logis menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan Percentage of Agreement (PoA) sebesar 100% untuk ranah isi, 92,86% untuk ranah konstruksi, dan 85,71% untuk ranah bahasa. Hasil validitas empiris, dari 20 butir soal yang dikembangkan diperoleh 10 butir soal dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,492 dinyatakan reliabel dengan kategori cukup. Hasil angket respon dan wawancara siswa terhadap instrumen penilaian yang telah dikembangkan memperoleh nilai persentase rata-rata respon siswa yang menjawab “Ya” sebesar 78,4% dengan kategori baik untuk aspek soal yang dikembangkan, 74,5% dengan kategori baik untuk aspek materi yang diujkan, dan 79,3% dengan kategori baik untuk aspek kompetensi yang diidentifikasi. Profil literasi sains siswa diperoleh hasil 6% siswa memiliki kemampuan yang sangat rendah, 44% siswa memiliki kemampuan yang rendah, 14% siswa memiliki kemampuan yang cukup, 30% siswa memiliki kemampuan yang tinggi, serta 6% siswa memiliki kemampuan yang sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian fisika berbasis literasi sains pada materi inti atom dan radioaktivitas yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kompetensi literasi sains siswa.
Kata kunci: Instrumen penilaian, Literasi sains, Inti atom dan radioaktivitas, Profil literasi sains siswa
In the 21st century learning process requires several skills that must be possessed by students, one of which is science literacy skills. Scientific literacy is defined as the ability to act as a reflective individual, can engage with problems related to science and provide scientific ideas to solve problems in real life. The purpose of this research is to develop a scientific literacy-based physics assessment instrument for high school students and measure the profile of students' scientific literacy skills in atomic nucleus and radiocivity materials. The method used in this research is development research with ADDIE model research design (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data collection techniques used validation questionnaire method, student response questionnaire, interview method, and scientific literacy test method. Data on the research in the form of logical and empirical validity of assessment instruments, student responses, and student interviews. This research was tested on 35 first-year students of Physics Department, State University of Surabaya and applied to 50 students of XII IPA 4 and XII IPA 5 classes at Senior High School of Menganti. The results of logical validity showed that the assessment instrument developed met the valid criteria with Percentage of Agreement (PoA) of 100% for the content domain, 92.85% for the construction domain, and 85.71% for the language domain. The results of empirical validity, from 20 items developed, obtained 10 items declared valid with a reliability coefficient of 0.492 declared reliable with a sufficient category. The results of response questionnaires and student interviews with the assessment instruments that have been developed obtained an average percentage of student responses that answered "Yes" of 78.4% in the good category for the aspects of the questions that were developed, 74.5% in the good categories for the material aspects that were developed. tested, and 79.3% in a good category for identified competency aspects. Students' scientific literacy profile obtained the results of 6% of students have very low ability, 44% of students have low ability, 14% of students have sufficient ability, 30% of students have high ability, and 6% of students have very high ability. So it can be concluded that the developed scientific literacy-based physics assessment instrument on atomic nucleus and radioactivity material is feasible to use to measure students' scientific literacy competencies.
Keywords: Assessment instrument, Scientific literacy, Atomic nucleus and radioactivity, Students' scientific literacy profile