Analisis Pengaruh Strategi Offline to Online (O2O) Terhadap Penjualan UMKM Mitra Aplikasi BadokanGresik.id
Analysis of the Effect of Offline to Online (O2O) Strategy on Sales of MSMEs by BadokanGresik.id Application Partners
Strategi bisnis yang dapat diterapkan UMKM di era digitalisasi adalah strategi Offline to Online (O2O). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Offline to Online (O2O) terhadap penjualan UMKM mitra aplikasi BadokanGresik.id. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling dimana sampel yang digunakan yaitu 62 UMKM mitra aplikasi BadokanGresik.id. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar dengan bantuan Google Form. Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menujukkan bahwa secara parsial, strategi Offline to Online (O2O) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap penjualan. Secara simultan, strategi Offline to Online (O2O) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penjualan UMKM.
Business strategies that MSMEs can implement in the digitization era is the Offline to Online (O2O) strategy. This study aims to analyze the influence of Offline to Online (O2O) strategy on the MSMEs sales of BadokanGresik.id application partners. This research is descriptive quantitative research. The sampling techniqueused is random sampling where the sample used is 62 MSME partners in the BadokanGresik.id application. The data collection technique used a questionnaire distributed with the help of Google Form. The hypothesis was tested using simple linear regression analysis processed with SPSS 25, including t test, coefficient of setermination test and F test. The results of data analysis showed that partially, Offline to Online (O2O) strategy has a significant and positive effect on sales. Simultaneously, the Offline to Online (O2O) strategy has positively and significantly influence ales of MSMEs