PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN PENGGEMAR NCT DEWASA AWAL YANG MENGALAMI CELEBRITY WORSHIP SYNDROME
CONSUMPTIVE BEHAVIOR AMONG EARLY ADULT NCT FANS EXPERIENCING CELEBRITY WORSHIP SYNDROME
Penelitian ini mengeksplorasi gambaran perilaku konsumtif penggemar boy group NCT yang memasuki usia dewasa awal. Riset psikologi kualitatif ini berpendekatan studi kasus dan berfokus pada dua penggemar perempuan yang melakukan pemujaan terhadap boy group NCT berusia 22 dan 21 tahun. Setelah melakukan wawancara semi-terstruktur, data riset diolah menggunakan dengan teknik Thematic Analysis. Hasil penelitian ditemukan bahwa para penggemar boy group NCT melakukan pembelian secara konsumtif didasari oleh adanya kontrol diri yang rendah. Tidak terpenuhinya tugas perkembangan pada masa usia dewasa awal juga menjadi permasalahan para penggemar boy group NCT memilih melakukan pemujaan dan bersikap obsesif terhadap idola.
Kata Kunci: perilaku konsumtif, celebrity worship syndrome, dewasa awal
This study explores the consumptive behavior of NCT boy group fans who are entering early adulthood. This qualitative psychological research uses a case study approach and focuses on two female fans who worship the boy group NCT, aged 22 and 21. After conducting semi-structured interviews, the research data was processed using the Thematic Analysis technique. The results of the study found that fans of the NCT boy group made consumptive purchases based on low self-control. The non-fulfillment of developmental tasks during early adulthood is also a problem for fans of the boy group NCT choosing to worship and be obsessive about idols.
Keywords: consumptive behavior, celebrity worship syndrome, early adulthood