PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSA MAHASISWA
THE INFLUENCE OF INCOME EXPECTATIONS AND USE OF SOCIAL MEDIA ON STUDENTS ENTREPRENEURIAL INTEREST
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ekspektasi pendapatan dan penggunaan media sosial berdampak pada minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang terdaftar dalam Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pengambilan sampel non-probabilitas yang dikombinasikan dengan purposive sampling adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini meliputi 62 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai responden. Analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 22 for windows, merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan, minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya dipengaruhi secara signifikan baik oleh variabel ekspektasi pendapatan maupun variabel penggunaan media sosial.
The aim of this research is to find out how income expectations and use of social media impact interest in entrepreneurship among Surabaya State University students enrolled in the Economic Education Study Program. Non-probability sampling combined with purposive sampling is the method used in this research. This research included 62 students from the Economic Education Study Program as respondents. Multiple regression analysis with the help of the SPSS 22 for windows program is the methodology used in this research. The research findings show that partially and simultaneously, the entrepreneurial interest of students in the Economic Education Study Program, Surabaya State University is significantly influenced by both income expectation variables and social media use variables.