PENGARUH TERPAAN PESAN KODE PROMO GRABFOOD TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAHASISWA KOTA SURABAYA
THE INFLUENCE OF GRABFOOD PROMO CODE MESSAGES EXPOSURE ON CUSTOMER LOYALTY FOR STUDENTS OF SURABAYA
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui faktor yang dapat memengaruhi peningkatan loyalitas pelanggan Grab yang dilihat dari terpaan pesan kode promo GrabFood. Persaingan bisnis tranportasi berbasis online semakin berkembang di Indonesia sehingga perusahaan harus memperhatikan strategi komunikasi pemasarannya agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Pentingnya mempertahankan loyalitas pelanggan bagi sebuah perusahaan akan meningkatkan keuntungan 25% hingga 58%. Perusahaan transportasi online Grab yang telah berkembang di Indonesia sejak tahun 2014 menjadi objek yang akan diteliti pada penelitian ini. Grab telah mengembangkan bisnisnya di seluruh wilayah Indonesia hingga saat ini menjadi aplikasi transportasi online kedua yang memiliki pengguna terbanyak setelah Gojek. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatif untuk menguji variabel terpaan pesan kode promo dan loyalitas pelanggan. Peneliti menggunakan populasi mahasiswa kota Surabaya sebanyak 272.846 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa non probability sampling untuk mengambil data sebanyak 348 responden. Metode yang digunakan adalah survey maka penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online berupa Google Form yang diukur dengan skala Likert. Pengembangan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan 30 responden untuk menguji kelayakan instrumen untuk penelitian. Dalam menganalisis data penelitian untuk menguji hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh positif terpaan pesan kode promo GrabFood terhadap loyalitas pelanggan maka teknik analisis yang dilakukan adalah uji korelasi Spearman Rank. Ditemukan koefisien korelasinya adalah 0,54 yang termasuk kategori hubungan yang sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi pelanggan dalam membaca pesan kode promo GrabFood adalah rendah, intensitas pelanggan dalam memahami informasi adalah tinggi, dan frekuensi pelanggan dalam menerima informasi dan membuka aplikasi adalah tinggi. Koefisien korelasi dilakukan pengujian signifikansinya dengan uji t dan uji z menghasilkan pengaruh yang positif dan signifikan. Penelitian ini menghasilkan hipotesis penelitian diterima bahwa terdapat pengaruh positif terpaan pesan kode promo GrabFood terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 30% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh terpaan pesan kode promo GrabFood dan 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh terpaan pesan kode promo GrabFood yang terdiri dari frekuensi, intensitas, dan durasi. Tingkat durasi pelanggan menerima informasi dan membaca pesan kode promo GrabFood rendah, maka dalam meningkatkan faktor tersebut dapat dilakukan dengan pembaharuan tampilan, isi, gambar, tata bahasa yang menarik agar konsumen memiliki durasi yang lebih lama saat membaca pesan kode promo GrabFood. Hal tersebut dilakukan sebagai strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Sehingga dalam persaingan bisnis transportasi online, Grab dapat mempertahankan pelanggannya dan mengembangkan kualitas untuk mendapatkan pelanggan baru.
This study was conducted with the intention of knowing the factors that could influence the increased loyalty of Grab subscribers seen from the promo code message GrabFood. Online-based business competition is growing in Indonesia so that the company should pay attention to its marketing communication strategy in order not to lose the competition with competitors. The importance of maintaining customer loyalty for a company will increase profits of 25% to 58%. Grab's online transport company has grown in Indonesia from 2014 to an object that will be researched in this research. Grab has expanded its business across Indonesia until today it is the second online transport app to have the most users after Gojek. The study used an explanative quantitative study to test the cast of promo code messages and customer loyalty. Researchers use Surabaya City student population as many as 272,846 people with sampling techniques of non probability sampling to fetch the data as much as 348 respondents. The method used is survey then research conducted by spreading online questionnaire in the form of Google Form that measured by Likert scale. The development of the instrument carried out the validity test and reliability test with 30 respondents to test the feasibility of the instrument for research. In analyzing the research data to test the research hypothesis that there is a positive influence of GrabFood promo code message to customer loyalty then the analysis technique performed is a correlation test of Spearman Rank. Found the correlate coefficient is 0.54 which belongs to the category of medium relationships. The results showed that the duration of the customer in reading promo code message GrabFood is low, the intensity of the customer in understanding the information is high, and the frequency of the customer in receiving information and opening the application is high. The correlation coefficient carried out its significance testing with the T test and z test resulted in a positive and significant influence. This research resulted in a research hypothesis received that there was a positive influence of GrabFood promo code message towards customer loyalty. The conclusion of the study was 30% of customer loyalty influenced by the promo code message of GrabFood and 70% influenced by other factors. Customer loyalty can be influenced by the GrabFood promo code message cast consisting of frequency, intensity, and duration. The level of customer duration receives information and reads the message GrabFood promo code is low, so in increasing the factor can be done with the renewal of display, content, images, grammar interesting so that consumers have a longer duration when reading a message promo code GrabFood. It is done as a strategy to maintain customer loyalty. So in the online transport business competition, Grab can retain its customers and develop quality to get new customers.