Implementasi Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan dan Pembelian di Toko Bangunan Berbasis Website
Implementation of Apriori Algorithms on Sales and Purchase Transactions in Website-Based Building Stores
Toko Bangunan UD. Harjo bergerak dibidang penjualan bahan bangunan. Toko ini berdiri sejak tahun 1995 yang terletak di Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Mojokerto. Permasalahan yang sering ditemukan pada suatu toko dimana sering terjadinya stok barang menumpuk karena kurangnya minat pelanggan terhadap barang tersebut atau terdapat suatu barang yang banyak dicari namun tidak tersedia stok barang yang cukup. Pemilik usaha perlu memikirkan strategi untuk untuk permasalahan seperti ini guna menjaga kepuasan tiap pelanggannya. Namun tidak mudah menentukan sebuah strategi penjualan banyak hal yang harus diperhatikan dan dituntut untuk membuat keputusan dalam waktu singkat. Untuk memudahkan pengambilan keputusan saat membuat strategi penjualan dapat dilakukan dengan bantuan penggunaan teknologi informasi agar lebih efektif. Data mining adalah salah satu cara yang dapat digunakanan untuk mengolah kumpulan data yang ada di toko bangunan UD. Harjo. Data transaksi yang didapatkan dari transaksi penjualan dapat diolah dan dianalisis diantaranya dengan menggunakan algoritma apriori. Dengan analisa apriori dapat dilakukan pembentukan kombinasi item yang nantinya akan menghasilkan aturan asosiasi yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan pada toko bangunan UD. Harjo. Analisa yang dilakukan dengan Algoritma Apriori terhadap 30 data transaksi toko bangunan UD. Harjo menghasilkan 11 aturan asosiasi berdasarkan parameter dengan nilai minimum support 10%, minimum confidence 55%, serta mendapatkan nilai lift ratio > 1 yang berarti aturan yang dihasilkan mempunyai korelasi positif. Penerapan Algoritma Apriori ke dalam sistem informasi toko bangunan UD. Harjo menghasilkan output analisa yang sama dengan hasil analisa yang dilakukan secara manual. Hal ini berarti bahwa sistem yang dibangun menghasilkan data yang tepat dan dapat digunakan dalam membentuk strategi penjualan toko bangungan UD. Harjo.
Kata Kunci— Data mining, Association rules, Algoritma Apriori, Sistem informasi penjualan.
UD Building Shop. Harjo is engaged in the sale of building materials. This store was established in 1995 which is located in Lebaksono Village, Pungging District, Mojokerto. Problems that are often found in a store where there is often a stock of goods piling up due to the lack of customer interest in the item or there is an item that is sought after but not enough stock of goods is available. Business owners need to think of strategies for problems like this to maintain the satisfaction of each of their customers. But it is not easy to determine a sales strategy, there are many things that must be considered and required to make decisions in a short time. To facilitate decision making when creating a sales strategy can be done with the help of the use of information technology to be more effective. Data mining is one of the ways that can be used to process data sets in UD Harjo building stores. Data transaksi yang didapatkan dari transaksi penjualan dapat diolah dan dianalisis diantaranya dengan menggunakan algoritma apriori. Dengan analisa apriori dapat dilakukan pembentukan kombinasi item yang nantinya akan menghasilkan aturan asosiasi yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan pada toko bangunan UD. Harjo. Analisa yang dilakukan dengan Algoritma Apriori terhadap 30 data transaksi toko bangunan UD. Harjo menghasilkan 11 aturan asosiasi berdasarkan parameter dengan nilai minimum support 10%, minimum confidence 55%, serta mendapatkan nilai lift ratio > 1 yang berarti aturan yang dihasilkan mempunyai korelasi positif. Penerapan Algoritma Apriori ke dalam sistem informasi toko bangunan UD. Harjo menghasilkan output analisa yang sama dengan hasil analisa yang dilakukan secara manual. Hal ini berarti bahwa sistem yang dibangun menghasilkan data yang tepat dan dapat digunakan dalam membentuk strategi penjualan toko bangungan UD. Harjo.
Key word— Data mining, Association rules, Apriori Algorithm, Data Sales Information.