Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan penerapan pembelajaran menggunakan media interaktif (2) respon siswa dan (3) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran langsung tanpa media interaktif pada kelas X DPIB 1 (Kelas Kontrol) dengan penerapan pembelajaran media interaktif pada kelas X DPIB 2 (Kelas Ekperimen).
Jenis penelitian yang digunakan adalah Eskperimen. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis respon siswa dan analisis hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dikatakan terlaksana sangat baik dengan perolehan hasil pada tatap muka pertama sebesar 87,66%, tatap muka kedua 87,33%. (2) respon siswa diperoleh nilai rata-rata 82% yang berarti sangat baik. (3) hasil belajar siswa Kelas Kontrol sebelum penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 76, sedangkan siswa yang tidak tuntas mendapatkan 35,14% dan siswa yang tuntas mendapatkan 64,86%. Pada hasil belajar kognitif sesudah penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 62, untuk siswa yang tidak tuntas mendapatkan 81,08% dan siswa yang tuntas mendapatkan 18,91%. Sedangkan siswa Kelas Eksperimen sebelum penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 75, sedangkan siswa yang tidak tuntas mendapatkan 51,35% dan siswa yang tuntas mendapatkan 48,65%. Hasil belajar kognitif sesudah penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 80, sedangkan siswa yang tidak tuntas mendapatkan 29,73% dan siswa yang tuntas mendapatkan 70,27%.
The purpose of this study was to determine (1) the implementation of learning using interactive media (2) student responses and (3) differences in student learning outcomes using direct learning without interactive media in class X DPIB 1 (Control Class) with the application of interactive media learning in class X DPIB 2 (Experiment Class).
This type of research is an Experiment. The study was conducted at SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung in Odd Semester Academic Year 2019/2020. The samples in this study were class X DPIB 1 and X DPIB 2. The research instrument used was the validation sheet of the learning kit, the observation sheet for the implementation of teaching and learning activities, and the test sheet. Data analysis technique used is the analysis of the implementation of learning, analysis of student responses and analysis of learning outcomes.
The results of this study indicate that (1) the implementation of learning is said to be very well done with the acquisition of results on the first face-to-face of 87.66%, the second face-to-face 87.33%. (2) student responses obtained an average value of 82% which means very good. (3) the learning outcomes of the Control Class students before the study showed an average score of 76, while students who did not get 35.14% and students who completed 64.86%. On cognitive learning outcomes after the study showed an average value of 62, for students who did not complete get 81.08% and students who finished getting 18.91%. While the Experimental Class students before the study showed an average score of 75, while students who did not get it get 51.35% and students who completed it get 48.65%. On cognitive learning outcomes after the study showed an average value of 80, while students who did not complete get 70.27% and students who completed get 29.73%.