Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran fisika SMA model penemuan terbimbing yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa pada materi kalor. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi sampai tahap pengembangan (develop) dan diujicobakan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Ujicoba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada siswa kelas XI SMAN 1 Batu Engau tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif dan analisis kualitaitif. Hasil yang diperoleh menunjukkan validitas perangkat meliputi RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Ajar Siswa (BAS), dan lembar penilaian pengetahuan serta keterampilan berkategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang meliputi keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa berkategori baik, serta kendala-kendala dapat diatasi selama proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari respon siswa yang positif terhadap pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar serta keterampilan memecahkan masalah yang berkategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika model penemuan terbimbing layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa SMA.
The purpose of This research is to develop teaching and learning of physics in high school based on guided discovery learning model that usable to improve problem-solving skills and student learning outcomes on heat topic. Teaching and Learning materials was developed using 4-D models (define, design, develop, and disseminate) that limited to develop stage and tested using one group pretest-posttest design. The test of teaching and learning materials was conducted for class XI of SMAN 1 Batu Engau in 2017/2018 year. The data collected through observation, tests and questionnaires. The data analysis was performed by descriptive quantitative analysis and qualitative analysis. The results obtained demonstrate the validity material includes RPP, Student Worksheet (LKS), Textbook Student (BAS), and the knowledge and skills assessment sheets valid category. Practicality learning device includes adherence to the RPP and student activity category, and the problem can be solved during the learning process. The Effectiveness of learning materials developed by of positive student responses in learning, and to improve problem solving skill and student learning outcome on best category. Based on the results, we can conclude that the guided discovery model in teaching and learning of physics is usable to improve problem-solving skills and learning outcomes of high school student.