Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membangkitkan keaktifan pengurus OSIS dengan menumbuhkan sikap percaya diri seseorang di lingkungan organisasi sekolah. Salah satunya adalah berupa Prestasi. Penelitian ini alat yang diterapkan adalah berupa prestasi. Dalam pelajaran pengurus OSIS sering meninggalkan kelas. Karena banyak sekali acara kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Jadi bentuk prestasi ini untuk menganalisis pengaruh keaktifan pengurus OSIS dalam mata pelajaran PPKn di SMK YAPALIS Krian. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan rancangan penelitian menggunakan expost facto design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh keaktifan pengurus OSIS terhadap prestasi belajar tidak memiliki hubungan positif bagi pengurus OSIS. Maka tidak terdapat pengaruh keaktifan pengurus OSIS terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn di SMK YAPALIS Krian.
Kata Kunci: Pengaruh Keaktifan Pengurus, Prestasi Belajar, Pelajaran PPKn.
Abstract
The study of purpose was to raise the activenesss of the Student Council administrators by fostering a person’s self-confidence in the school organization. One of them is in the form of Achievement. This research tool that is applied is in the form of achievement. In the lesson the student council administrators often leave clas. Because there are so many events in the school environment. So this form of achievement is to analyze the influence of the student council’s activeness in PPKn subjects at SMK YAPALIS Krian. The approach of this study is a quantitative descriptive approach with a research design using post facto design. Data collection techniques using questionnaires, documentation, interviews and observations. The technique used to take samples is a satured sampling technique. The data analyze used in the study is to use the product moment correlation formula. The results of this study concluded that the effect of the student council’s activeness on student learning achievement did not have a positive relationship for the student council management. Then there is no influence on the activeness of the student council board on student achievement in PPKn subjects at SMK YAPALIS Krian.
Keywords: Influence Board Activity, Learning Achievement, Civics Learning.