Implementasi Program Kelas Ibu dalam Upaya Prevetif untuk Menjaga Kesehatan Mental di Sanggar Alang-Alang Surabaya
Implementation of the Mother Class program in a preventife effort to maintain mental health in the Sanggar Alang-Alang Surabaya
Implementasi Program Kelas ibu dalam Upaya Prevetif untuk Menjaga Kesehatan Mental di Sanggar Alang-Alang Surabaya
Kesehatan mental saat ini menjadi fenomena global yang perlu penanganan serius dengan berbagai pendekatan, mengingat semakin meningkatnya jumlah individu dengan gangguan mental, dimana prevalensi individu perempuan dengan gangguan kesehatan mental lebih tinggi dari pada laki-laki. Maka perlu adanya upaya yang dapat dilakukan oleh individu, kelompok masyarakat, komunitas, lembaga pendidikan, terutama upaya preventif atau pencegahan agar jumlah individu dengan gangguan mental tidak semakin meningkat. Kelas Ibu Sanggar Alang-Alang merupakan lembaga pendidikan non formal yang implementasi programnya mengacu pada 10 patokan pendidikan masyarakat, beranggotakan ibu-ibu dari keluarga marginal yang berusia 25 tahun sampai 65 tahun dengan tujuan program yaitu membantu warga belajar berdaya secara fisik dan psikis atau mentalnya melalui implementasi program-program Kelas Ibu.
Fokus penelitian ini adalah 1. menjelaskan tentang implementasi program kelas Ibu, 2. Dampak program kelas ibu terhadap upaya preventif untuk menjaga kesehatan mental anggotanya, 3. faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program Kelas Ibu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan utama adalah Warga Belajar Kelas Ibu, Tutor dan instruktur Program Kelas Ibu dan juga pengelola Sanggar Alang-Alang dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam (indept interview), observasi partisipan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Kelas Ibu berjalan sudah 10 tahun lebih dan semua program dapat diiplementasikan dengan baik namun ada 1 program yang berhenti di tengah jalan karena kurangnya kesiapan Sanggar Alang-Alang dan juga faktor anggotanya yaitu program Koprasi Simpan Pinjam. Implementasi program Kelas Ibu mampu memberikan dampak kepada upaya kesehatan mental anggotanya melalui pemenuhan kebutuhan fisiologi, rasa aman, cinta dan penerimaan, penghargaan/ dihargai, dan aktualisasi diri. Faktor pendukungnya adalah SDM (pengelola Sanggar Alang-Alang, pendamping belajar, tutor), komunikasi yang aktif dan efektif, dan kontribusi masayarakat. Faktor penghambat adalah masalah pendanaan, dan tempat
Kata kunci: Implementasi program kelas ibu, Upaya Preventif, kesehatan mental, kebutuhan dasar
ASTRACT
Mental health is currently a global phenomenon that needs serious treatment with various approaches, given the increasing number of individuals with mental disorders, where the prevalence of female individuals with mental health disorders is higher than men. So there needs to be efforts that can be made by individuals, community groups, communities, educational institutions. Especially preventive efforts or prevention so that the number of individuals with mental disorders does not increase. Sanggar Alang-Alang Mother Class is a non-formal education whose program implementation refers to 10 community education benchmarks, consisting of mothers from marginalized families aged 25 years to 65 years with the aim of the program to help residents learn to be physically and psychologically or mentally empowered through the implementation of Mother Class programs.
The focus of this study is 1. explain about the implementation of the Mother's class program, 2. The impact of the mother's class program on preventive efforts to maintain the mental health of its members, 3. supporting and inhibiting factors in the implementation of the Mother Class program
This research is a qualitative research with the main informants being Mothers Class Learning Citizens, Tutors and instructors of the Mother Class Program and also managers of Sanggar Alang-Alang using in-depth interview data collection techniques (indept interviews), participant observation, and documentation
The results showed that the implementation of the Mother Class program has been running for more than 10 years and all programs can run well, but there is 1 program that stops in the middle of the road due to the lack of readiness of Sanggar Alang-Alang and also its member factors, namely the Savings and Loans Cooperative. The implementation of the Mother Class program is able to have an impact on the mental health efforts of its members through meeting physiological needs, security, love and acceptance, appreciation / respect, and self-actualization. The supporting factors are human resources (managers of Sanggar Alang-Alang, study assistants, tutors), active and effective communication, and community contributions. Inhibiting factors are funding issues, and places to study.
Keywords: Implementation of mother class programs, Preventife Efforts, mental health, basicneeds.