Model Pembelajaran Konvensional yang diterapkan pada mata pelajaran AutoCAD 2D dirasa sangat monoton sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan belum tercapai. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti menerapkan inovasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini antara lain (1) Menganalisa perubahan aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD, dan (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada pelajaran AutoCAD 2D.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1 Gresik. Subjek penelitiaan adalah siswa kelas XI TPM 1 SMK PGRI 1 Gresik sebagai kelas eksperimen dan XI TPM 2 SMK PGRI 1 Gresik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan skala Likert kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan statistik parametis. Keterlaksanaan pembelajaran dikatakan berjalan efektif apabila rata-rata hasil pengamatan minimal berkriteria baik dan respon siswa dengan tanggapan minimal berkriteria baik. Evaluasi peningkatan hasil belajar dengan mengadakan tes hasil belajar. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes dengan membandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest serta melakukan Uji-T untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya aktivitas siswa yang dikategorikan sangat baik dengan selisih peningkatan 2,24 %. Serta meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD 2D yang menerapkan model pembelajaran STAD dengan selisih 8,9 lebih tinggi.
Kata Kunci :STAD, Quasi Experimental, aktivitas, hasil pembelajaran.
The conventional learning model applied to AutoCAD 2D subjects is considered very monotonous so that the expected learning goals have not been achieved. So that in this study, researchers applied the Student Teams Achievement Division (STAD) learning model innovation. The objectives of this study include (1) Analyzing changes in student activity after the STAD learning model has been applied, and (2) Knowing student learning outcomes after the STAD learning model has been applied in AutoCAD 2D lessons.
This study is an experimental study with Quasi Experimental Design. The study was conducted at SMK PGRI 1 Gresik. The research subjects were students of class XI TPM 1 SMK PGRI 1 Gresik as the experimental class and XI TPM 2 SMK PGRI 1 Gresik as the control class. The research instrument used was in the form of an observation sheet on student activity and student learning outcomes using a Likert scale then the data obtained were analyzed by parametric statistics. Implementation of learning is said to run effectively if the average results of observations are at least good criteria and the response of students with a minimum response criteria good. Evaluate the improvement of learning outcomes by conducting learning outcomes tests. The instruments of data collection were in the form of test questions by comparing the average scores of the pretest and posttest and conducting the T-Test to find out the difference in learning outcomes between the experimental class and the control class.
The results of this research are the increased activity of students that are categorized very well with an increase of 2.24%. As well as the increasing student learning outcomes on AutoCAD 2D subjects implementing the STAD learning model with a higher difference of 8.9.