Tingginya persaingan antara perusahaan fast food menyebabkan setiap perusahaan menyadari suatu kebutuhan untuk melakukan inovasi pada produk serta memaksimalkan pemilihan lokasi usaha demi kelangsungan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh inovasi produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian inovasi produk M2M Indonesian Fast Food cabang Gedangan-Sidoarjo.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yakni non-probability sampling dengan metode judgemental sampling pada 220 responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah membeli, dan mengambil keputusan sendiri dalam pembelian, serta mengonsumsi salah satu dari produk ayam geprek, ayam super pedas, chicken keju, dan chicken teriyaki M2M Indonesian Fast Food cabang Gedangan-Sidoarjo dengan usia 21-50 tahun. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Analisis data dengan menggunakan model persamaan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Fast Food; Waralaba; Inovasi Produk; Lokasi; Keputusan Pembelian
The high competition between fast food companies causes each company to realize a need to innovate on products and maximize the choice of business locations for the survival of the company. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of product innovation and location on the decision to purchase the M2M Indonesian Fast Food product innovation at the Gedangan-Sidoarjo branch.
The sampling technique in this study uses non-probability sampling with judgmental sampling method on 220 respondents. Respondents in this study are consumers who have already bought, who made their own decisions in purchasing, and consumed one of the products of ayam geprek, ayam super pedas, chicken keju, and chicken teriyaki M2M Indonesian Fast Food Gedangan-Sidoarjo branch at age 21-50 year. The measurement scale uses a Likert scale. The measuring instrument used was a questionnaire. Data analysis using multiple linear regression equation models.
The results showed that product innovation had a positive effect on purchasing decisions, and location had a positive effect on purchasing decisions.
Keywords : Fast Food; Franchise; Product Innovation; Location; Purchase Decision