Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Guided Discovery pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A SMPN 1 Buduran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 89,37 pada pertemuan pertama dan 95,41 pada pertemuan kedua. Keterampilan proses sains peserta didik juga mengalami peningkatan dari hasil Pretest sebesar 39,66 menjadi 82,83 saat Posttest, sehingga mengalami peningkatan berdasarkan kriteria N-gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Penerapan model Guided Discovery untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi getaran dan gelombang mendapatkan respon yang positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 94,00 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model Guided Discovery pada materi getaran dan gelombang dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Kata Kunci : Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains.
The purposes of this study are to describe the feasibility of learning, the learning process of science, and the students' responses toward the application of Guided Discovery learning models in vibrational and wave material. This study uses a type of Pre-experimental Design research with the design is One-Group Pretest-Posttest Design. The research subjects were students of grade VIII-A in SMP 1 Buduran. Based on the result of the study, it can be explained that learning can be done very well with the percentage of 89.37 at the first meeting and 95.41 at the second meeting. The process of science skill are also increased from the Pretest results of 39.66 to 82.83 during the Posttest, thus increasing level based on N-gain criteria of 0.71 as high criteria. The application of the Guided Discovery model to improve process skills in vibration and wave materials got positive responses from students with an average as percentage of 94.00 with very good candidates. Based on this, it can be proposed that the implementation of the Guided Discovery model on vibration and wave material can improve the process skills of students.
Keywords: Guided Discovery, Science Process Skills