Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen dalam Memilih Jasa Rias Pengantin di Kabupaten Banyuwangi
Factors Affecting Consumer Interest in Choosing Bridal Makeup Services in Banyuwangi Regency
Indonesia terdiri dari berbagai suku, hal ini membuat Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Indonesia mempunyai banyak kabupaten salah satunya ialah Banyuwangi yang memiliki budaya dan tradisi yang sangat banyak. Tata rias pengantin di Banyuwangi juga berkembang sangat pesat. Banyak jasa rias pengantin menawarkan berbagai macam pelayanan dengan ciri khas dan keunggulan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor pribadi, faktor budaya, faktor sosial serta faktor psikologis yang mempengaruhi minat konsumen dalam menentukan jasa rias pengantin di daerah Banyuwangi. Metode penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang diterapkan ialah angket serta wawancara. Instrumen penelitian berupa angket yang disebarkan melalui googleform yang ditujukan kepada 68 responden dan wawancara yang dilakukan kepada perias senior dan salah satu perias terkenal yang ada di kabupaten Banyuwangi. Teknik analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dilihat bahwa bahwa faktor pribadi berpengaruh terhadap minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 83,82% pada unsur gaya hidup, faktor budaya dengan jawaban tertinggi sebesar 65,44% pada unsur agama, faktor sosial dengan jawaban tertinggi sebesar 87,51% pada unsur keluarga dan faktor psikologis menjadi faktor yang paling berpengaruh dengan jawaban tertinggi sebesar 92,64% pada unsur motivasi. Dilihat dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa semua faktor tersebut mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci : Minat Konsumen, Jasa Rias Pengantin, Kabupaten Banyuwangi
Indonesia consists of various tribes, this makes Indonesia has a very diverse culture. Indonesia has many districts, one of which is Banyuwangi which has a lot of culture and traditions. Many bridal makeup services offer a variety of services with their own characteristics and advantages. This study aims to determine personal factors, cultural factors, social factors and psychological factors that influence consumer interest in choosing bridal makeup services in Banyuwangi Regency. This research method is descriptive quantitative. Data collection methods used are questionnaires and interviews. The research instrument was in the form of a questionnaire distributed via google form addressed to 68 respondents and interviews with senior make-up and one of the famous make-up in Banyuwangi regency. Data analysis technique using percentage. Based on the results of data processing, it can be seen that personal factors affect consumer interest in choosing bridal makeup services with a strongly agree answer of 83.82% on lifestyle elements, cultural factors with the highest answer of 65.44% on religious elements, social factors with the highest answer was 87.51% on the family element and psychological factors became the most influential factor with the highest answer of 92.64% on the motivational element. Judging from the results and discussion, it can be concluded that all of these factors affect consumer interest in choosing bridal makeup services in Banyuwangi regency.
Keywords: Consumer Interest, Bridal Makeup Services, Banyuwangi Regency