KORELASI PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI BIMBEL RUMAH PINTAR SENTRALAND DRIYOREJO
CORRELATION OF PARENT EDUCATION TO EARLY CHILD LANGUAGE SKILLS AT BIMBEL RUMAH PINTAR SENTRALAND DRIYOREJO
Keterampilan berbahasa dalam studi bahasa terbagi menjadi empat aspek yaitu, menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Keterampilan berbahasa sewajarnya dikembangkan pada masa kanak-kanak, karena anak tengah berada pada masa golden age. Perkembangan kosa kata bahasa anak tidak sewajarnya tidak pernah lepas dari peran orang tua. Keterlibatan orang tua pada pendidikan mengarah kepada potensi keberhasilan yang lebih besar untuk anak. Dalam hal ini, orang tua yang dimaksud ialah ibu, karena ibu merupakan lingkungan pertama bagi anak. Maka orang tua yang berpendidikan tinggi akan mempengaruhi proses perkembangan keterampilan berbahasa anak. Semakin tinggi pendidikan orang tua maka akan semakin baik pula perkembangan keterampilan berbahasa anak. Keterampilan berbahasa dalam hal ini akan difokuskan kepada keterampilan menyimak dan berbicara, dengan pertimbangan untuk kegiatan menulis dan juga membaca anak usia dini masih belum sempurna. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pendidikan orang tua terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di Bimbel Rumah Pintar Sentraland Driyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa TK dengan rentang usia 4-6 tahun di lembaga Bimbel Rumah Pintar yang berlokasi di Jl. The Ruby C3 No. 5 Perum Sentraland KBD, Driyorejo, Gresik. Sampel pada penelitian kali ini adalah siswa yang berusia 4-6 tahun dengan ibu yang tidak bekerja (ibu rumah tangga), dan tidak menggunakan jasa pengasuh. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi atau hubungan antara pendidikan orang tua terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di Bimbel Rumah Pintar Sentraland Driyorejo.
Language skills in language studies are divided into four aspects, namely, listening, speaking, writing, and reading. Language skills are developed in childhood, as the middle child is in the golden age. The development of a child’s vocabulary is never rightly excluded from the role of parents. Parental involvement in education leads to a greater success potential for the child. In this case, the parent is the mother, because the mother is the first environment for the child. High-educated parents will influence the child’s language skills development process. The higher the education of parents, the better the child’s language skills will develop. The language skills in this case will be focused on the ability to sympathize and speak, with considerations for early childhood writing and reading activities still not perfect. The aim of this study was to find out the correlation between parental education and early childhood language skills at Bimbel Rumah Pintar Sentraland Driyorejo. This research uses a quantitative approach with the type of correlation research. The research population is a TK student with the range of age of 4-6 years at the Bimbel Rumah Pintar Institute located in Jl. The Ruby C3 No. 5 Perum Sentraland KBD, Driyorejo, Gresik. The sample in this study was a 4- to 6-year-old student with an unemployed mother (household mother), and not using nursing services. The result of this study is that there is a correlation or relationship between parental education and early childhood language skills in the Bimbel Rumah Pintar Sentraland Driyorejo.