The Influence of Public Service Quality on the Level of Community Satisfaction in Pete Jawa Rasa Timun Program at the Gedongan Health Center, Mojokerto City
Program Pete Jawa Rasa Timun yang merupakan singkatan dari Pemeriksaan
Terpadu Pekerja Wanita dengan Pemeriksaan Risiko Penyakit Tidak Menular adalah
salah satu inovasi pelayanan kesehatan oleh Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto sejak
tahun 2017. Program ini hadir karena melihat adanya beberapa masalah kesehatan
khususnya bagi pekerja wanita. Wanita memiliki peran ganda yaitu sebagai seorang istri
dan seorang ibu. Wanita juga memiliki risiko gangguan kesehatan seperti rendahnya
pemberian ASI eksklusif kepada anak, permasalahan gizi yang dapat menyebabkan
anemia dan obesitas, dan lain sebagainya. Tujuan dari adanya Program Pete Jawa Rasa
Timun adalah meningkatkan kesehatan pada pekerja wanita dan meningkatkan
produktifitas kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada Program Pete Jawa Rasa Timun di
Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan
variabel terikat. Variabel bebas yaitu kualitas pelayanan yang mengacu pada Teori
Zeithaml dalam Pasolong (2016:135). Sedangkan variabel terikat mengacu pada
Permenpan RB No 14 Tahun 2017. Metode penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari koefisien
korelasi, uji koefisien determinan, dan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menggunakan analisis data koefisien korelasi product moment
didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas
pelayanan dengan tingkat kepuasan masyarakat pada Program Pete Jawa Rasa Timun di
Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto yaitu sebesar 0,862 yang masuk dalam kategori
tingkat hubungan sangat kuat. Uji koefisien determinan didapatkan hasil bahwa
besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat adalah
sebesar 0,743. Artinya kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 74,3% terhadap tingkat
kepuasan masyarakat, sedangkan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, tingkat kepuasan masyarakat, Program
Pete Jawa Rasa Timun
The Pete Jawa Rasa Timun Program, which stands for Integrated Examination for
Women Workers with Non-Communicable Disease Risk Checks, is one of the health
service innovations by the Gedongan Health Center, Mojokerto City, since 2017. This
program exists because it recognizes several health problems, especially for women
workers. Women have a dual role, namely as a wife and a mother. Women also have a
risk of health problems such as low exclusive breastfeeding for children, nutritional
problems that can cause anemia and obesity, and so on. The purpose of the Timun
Flavored Javanese Pete Program is to improve the health of female workers and increase
work productivity.
The purpose of this study was to analyze the effect of the quality of public
services on the level of community satisfaction in the Cucumber Flavored Javanese Pete
Program at the Gedongan Health Center, Mojokerto City. This study consists of
independent variables and dependent variables. The independent variable is the quality
of service which refers to the Zeithaml Theory in Pasolong (2016: 135). While the
dependent variable refers to Permenpan RB No 14 of 2017. This research method is
quantitative associative. Sampling in this study using incidental sampling technique with
a total sample of 67 respondents. Data collection techniques are observation,
questionnaires, and documentation. Data analysis techniques consist of correlation
coefficients, determinant coefficient tests, and simple linear regression.
The results of the study using product moment correlation coefficient data
analysis showed that there was a positive and significant relationship between service
quality and the level of community satisfaction in the Java Cucumber Flavor Pete
Program at the Gedongan Health Center, Mojokerto City, which was 0.862 which was
included in the very strong relationship level category. The determinant coefficient test
showed that the magnitude of the influence of service quality on the level of community
satisfaction was 0.743. This means that service quality has an effect of 74.3% on the level
of community satisfaction, while the remaining 25.7% is influenced by other factors not
examined by researchers.
Keywords : Quality of service, level community satisfaction, Pete Jawa Rasa
Timun Program